Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tancap Gas Bumi Siak Pusako Pacu Produksi Migas Riau

Dalam 5 tahun ke depan, PT Bumi Siak Pusako (BSP) menargetkan produksi migas di angka 10.000 hingga 15.000 barel per hari (bopd).
Pekerja PT Bumi Siak Pusako saat di lokasi kerja. Istimewa
Pekerja PT Bumi Siak Pusako saat di lokasi kerja. Istimewa

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri mengatakan, keberadaan industri hulu migas di Kabupaten Siak, seperti PT Bumi Siak Pusako (BSP) membuka akses perekonomian. 

Menurutnya, dari capital expenditure (capex) perusahaan, banyak akses jalan dibangun untuk keperluan kelancaran bisnis perusahaan sekaligus juga kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat. Dengan adanya BSP, telah memberikan sumbangsih ke daerah berupa pendapatan asli daerah (PAD) melalui skema dana bagi hasil (DBH) migas.

“Pada 2022, DBH Migas di Kabupaten Siak sekitar Rp380 miliar. Artinya, kontribusi tahun 2022 sebesar 17 persen terhadap PAD,” jelas Alfedri.

Kemudian, jika dilihat dari sisi laba perusahaan untuk pemegang saham (dividen), Kabupaten Siak pemegang saham mayoritas BSP, yang dihasilkan BSP selama 20 tahun kontribusinya sekitar Rp3 triliun. Belum lagi dari dana CSR, sampai saat ini BSP telah menggelontorkan dana CSR nya sebesar Rp80 miliar.

“Program CSR BSP disalurkan ke berbagai sektor, seperti pengembangan ekonomi masyarakat, bidang kesehatan seperti penanganan stunting, fasilitas pendidikan, rumah ibadah, bangunan sekolah dan pesantren, dan juga BSP aktif mendukung promosi event pariwisata Siak, seperti Desa Wisata dan balap sepeda Tour de Siak,” ujarnya.

Program Pemberdayaan Masyarakat

Selain memberikan kontribusi perekonomian nasional dan daerah lewat produksi migasnya, BSP tidak lupa dengan program pemberdayaan masyarakat sekitar operasional perusahaan. 

Program Desa Wisata Dayun misalnya, yang telah dijalankan sedemikian rupa sehingga komponen yang terlibat telah mampu bergerak mandiri bahkan meraih prestasi tidak saja di level regional bahkan sudah mendapatkan predikat sebagai Desa Wisata Terbaik di Tanah Air.

Penghargaan dimaksud, yakni pada 2022 lalu, Desa Dayun masuk 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI. Selain itu juga mendapat Anugerah Desa Wisata, juara 1 kategori kelembagaan.

Tidak hanya itu, dalam beberapa waktu terakhir, BSP juga telah mengantongi sejumlah penghargaan seperti TOP CSR Awards 2023 Star 3, dan Top Leader on CSR Commitment 2023 kepada Direktur BSP Iskandar. 

Kemudian BSP berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus pada ajang TOP BUMD Awards 2023 yakni kategori 4 Stars TOP BUMD Awards 2023 BUMD Aneka Usaha (Sangat Baik). Kedua, TOP CEO BUMD 2023 yang diterima Direktu BSP Iskandar. Ketiga, TOP Pembina BUMD 2023 yang diterima Bupati Siak, Alfedri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler