Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Ton Ikan Nila Milik Petani di Danau Maninjau Mati

Pada Selasa (6/5/2021) ikan mulai pusing dan mati akibat kadar oksigen berkurang di dasar setelah naiknya air dari dasar danau.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 April 2021  |  15:08 WIB
Tim gabungan membersihkan keramba jaring apung yang rusak di Danau Maninjau. - ANTARA/Yusrizal
Tim gabungan membersihkan keramba jaring apung yang rusak di Danau Maninjau. - ANTARA/Yusrizal

Bisnis.com, LUBUKBASUNG — Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, mencatat sekitar 5 ton ikan milik petani di Danau Maninjau mati secara mendadak akbat angin kencang dan curah hujan tinggi yang melanda daerah itu semenjak Senin (5/4/2021).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam Edi Natrial mengatakan bahwa 5 ton ikan jenis nila itu milik petani di Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjungraya.

"Lima ton ikan siap panen itu milik 15 orang petani dengan kematian 300 kilogram sampai 1 ton," katanya didampingi Penyuluh Perikanan Asrul Deni Putra, Kamis (8/4/2021).

Pada Selasa (6/5/2021) ikan mulai pusing dan mati akibat kadar oksigen berkurang di dasar setelah naiknya air dari dasar danau. "Bangkai ikan mengapung di permukaan danau dan petani mengalami kerugian sekitar Rp100 juta."

Edi mengimbau supaya petani segera memanen ikan dan bagi yang belum siap panen dan dipindahkan ke kolam air deras.

Selain itu, petani diimbau supaya tidak menebar bibit ikan karena potensi kematian ikan cukup tinggi saat cuaca ektrem. "Imbauan itu dalam mengantisipasi kerugian bagi petani."

Dia menjelaskan bahwa volume kematian ikan di Danau Maninjau selama Januari sampai 8 April 2021 sebanyak 20 ton. Sebelumnya, ikan milik petani di Danau Maninjau mati sebanyak 15 ton pada Januari dan Februari 2021. Ikan itu mati tersebar di Nagari Kotomalintang dan Bayua. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan danau maninjau

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top