Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEO 2024 Coba Petakan Bisnis & Investasi di Sumut pada Tahun Ini

SEO 2024 menjadi langkah konkret bagi Bisnis Indonesia untuk menjadi media komunikasi bagi kegiatan bisnis dan investasi di Sumatra Utara.
Sumut Economic Outlook 2024 (SEO 2024)
Sumut Economic Outlook 2024 (SEO 2024)

Bisnis.com, MEDAN – Harian Bisnis Indonesia akan menggelar seminar Sumut Economic Outlook 2024 (SEO 2024) dengan tema “Menjaga Momentum Pertumbuhan Bisnis & Investasi” pada Selasa, 16 Januari 2024 di Hotel JW Marriott, Medan.

Acara diagendakan akan dihadiri oleh Pj Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Hassanudin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi sebagai pembicara kunci sekaligus membuka acara tersebut.

Kepala Perwakilan Harian Bisnis Indonesia wilayah Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) Irsad mengatakan SEO 2024 menjadi langkah konkret bagi pihaknya untuk menjadi media komunikasi bagi kegiatan bisnis dan investasi di Sumatra Utara yang menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Posisi Sumut itu penting bahkan menjadi epincentrum agro maritim dengan kekuatan bisnisnya pada komoditas kelapa sawit, karet, kopi dan perikanan. Bahkan sektor UMKM di Sumut cukup besar dengan jumlah usaha mencapai 1.712.091 usaha dengan skala mikro mencapai 68%, kecil 18% dan menengah 13%. Dengan jumlah koperasi di Sumut itu mencapai 13.208 unit,” ujarnya, Minggu (14/1/2024).

Untuk itu, dalam SEO 2024 akan diisi oleh para pembicara yang kompeten dari kalangan pebisnis, industri keuangan, hingga ketua asosiasi dunia usaha, seperti IGP Wira Kusuma (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kanwil Sumut), Firsal Dida Mutyara (Ketua KADIN Sumut), M. Pintor Nasution (Kepala Bursa Efek Indonesia Wilayah Sumut), dan Faisal Arif Nasution (Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintahan Provinsi Sumatra Utara).

Lalu, akan ada pula pembicara lain seperti Daly Mulyana (Direktur Utama PT Kawasan Industri Medan), Babay Parid Wazdi (Direktur Utama PT Bank Sumut), Timbas Prasad Ginting (Ketua Gabungan Kelapa Sawit Sumut), dan Basuki Tri Andayani (Deputi Operasional PT Pegadaian Wilayah Sumut & Aceh).

“Pembahasan dari pembicara yang kompeten ini, kami harapkan bisa memetakan arah bisnis dan investasi, sekaligus jadi konklusi yang bisa dijadikan sebagai panduan bagi dunia usaha dalam merancang strategi bisnis mereka di Sumut,” ujar Irsad.

Sementara itu, Pintor Nasution mengharapkan potensi bisnis dan investasi di Sumut mampu diungkap melalui SEO 2024 sehingga meningkatkan minat investasi di Sumut.

“SEO 2024 ini cukup menarik, sehingga ada juga fund manager dari Jakarta ingin hadir di acara ini untuk jadi peserta. Semoga seminar ini bisa memunculkan gambaran yang jelas tentang peluang investasi di Sumut,” ujarnya.

Menurut Pintor, cukup besar peluang pengusaha melalui perusahaannya untuk mendapatkan modal dari Bursa Efek Indonesia dalam upaya pengembangan bisnis mereka menjadi lebih kuat dan ekspansif.

Sedangkan, Timbas mengatakan menyatakan dukungan Gapki Sumut untuk pelaksanaan SEO 2024 agar makin memperjelas peran agro kelapa sawit sebagai soko guru perekonomian di Sumut.

“Semua pemangku kepentingan perlu lebih serius memperhatikan perkembangan agro kelapa sawit karena volume dan porsi bisnisnya dominan di Sumut. Kami akan jadikan forum ini untuk membantu menjelaskan bagaiman kelapa sawit berperan bagi perekonomian Sumut. Bahkan kontribusi perkebunan kelapa sawit makin besar bagi PAD melalui kebijakan Dana Bagi Hasil Kelapa Sawit,” ujarnya. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper