Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Indralaya-Prabumulih Siap Dioperasionalkan Besok, Masih Gratis

Pembangunan tol sudah selesai 100 persen dan bisa dilalui pengguna namun tanpa dikenakan tarif tol.
Tol Trans Sumatra ruas Indralaya-Prabumulih./Hutama Karya
Tol Trans Sumatra ruas Indralaya-Prabumulih./Hutama Karya

Bisnis.com, PALEMBANG – Tol Trans Sumatra ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer siap dibuka mulai besok, Rabu (30/8/2023). 

Branch Manager Cabang Tol Palembang-Indralaya, Syamsul Rijal mengatakan pembangunan tol sudah selesai 100 persen dan bisa dilalui pengguna namun tanpa dikenakan tarif tol.

"Untuk peresmian berkemungkinan langsung oleh Presiden RI di minggu kedua bulan September. Namun sembari menunggu itu, kita akan operasionalkan tol ini untuk masyarakat secara gratis" ungkapnya, Selasa (29/8/2023).

Menurut Rijal, dengan adanya tol tersebut para pengguna kendaraan bisa memangkas waktu tempuh dari semula sekitar 2 jam dari Indralaya ke Prabumulih menjadi sekitar 30 menit saja.

"Selisih perbedaan jarak tempuh antara jalan nasional dengan jalan tol cukup besar. Pengguna bisa lebih hemat dan lebih cepat jika menggunakan tol. Dan karena uji coba ini maka pengguna tidak dikenakan tarif tol," sambungnya. 

Dia menambahkan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan tarif tol akan diberlakukan secara normal, sebab hal itu masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR). 

Senada, Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan animo masyarakat yang begitu tinggi untuk menggunakan jalan tol, maka Kementerian PUPR memutuskan untuk membuka. 

“Maka tadi kita panggil HK, agar ini pelayanannya sama dengan jalan tol yang sudah beroperasional tapi masih tidak berbayar,” katanya kepada Bisnis. 

Deru mengimbau, agar masyarakat Sumsel yang akan melaksanakan perjalanan dalam trase tersebut agar dapat memanfaatkannya. 

Untuk diketahui, pembukaan tol Indralaya-Prabumulih dilengkapi dengan dua rest area di KM 56 yang merupakan rest area tipe A. Masing-masing rest area seluas 6 hektare dengan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengendara. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper