Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Tol Sumatra Seksi Lingkar Pekanbaru Ditargetkan Tuntas Oktober 2024

Pemerintah pusat menargetkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Rengat-Pekanbaru, seksi tol lingkar Pekanbaru akan tuntas pada Oktober 2024.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah pusat menargetkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Ruas Rengat-Pekanbaru, seksi tol lingkar Pekanbaru akan tuntas pada Oktober 2024 mendatang, dan prosesnya mulai dikerjakan pada pertengahan Juni 2023.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta menjelaskan pembangunan tol Rengat-Pekanbaru akan dimulai dari Seksi Lingkar Pekanbaru agar ruas-ruas jalan tol yang sudah ada di Provinsi Riau dapat terhubung satu sama lain. 

"Pembangunan Seksi Lingkar Pekanbaru didahulukan karena segmen ini akan menghubungkan tiga ruas JTTS sekaligus, yakni ruas Rengat-Pekanbaru, Pekanbaru-Bangkinang, dan Pekanbaru-Dumai. Dengan demikian konektivitas wilayah di Provinsi Riau akan semakin baik guna mendukung distribusi logistik maupun mobilitas masyarakat,” ungkapnya, Selasa (23/5/2023).

Dia menyebutkan tahapan konstruksi pembangunan JTTS Seksi Lingkar Pekanbaru ditargetkan dapat dimulai pada pertengahan Juni 2023, dan selesai paling lambat Oktober 2024. 

Saat ini proses pengadaan tanahnya sedang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian PUPR dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro menjelaskan bahwa Seksi Lingkar Pekanbaru terbentang sepanjang 30 km dari Junction Pekanbaru hingga jalan Bypass Pekanbaru. Secara administratif, seksi ini melintasi wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kemudian Sekretaris Daerah Provinsi Riau S.F. Harianto mengakui, pembangunan infrastruktur yang begitu masif akan menjadi modal bagi Provinsi Riau untuk lebih maju lagi. 

“Mewakili masyarakat Bumi Lancang Kuning, saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper