Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momen Liburan Sekolah Tingkatkan Tren Positif Okupansi Hotel di Batam, Naik Hingga 80 Persen

Tingkat penghunian kamar atau okupansi hotel di Batam mengalami peningkatan cukup signifikan pada momen liburan sekolah hingga 80 persen.
Momen Liburan Sekolah Tingkatkan Tren Positif Okupansi Hotel di Batam, Naik Hingga 80 Persen
Momen Liburan Sekolah Tingkatkan Tren Positif Okupansi Hotel di Batam, Naik Hingga 80 Persen

Bisnis.com, BATAM - Tingkat penghunian kamar (TPK) atau okupansi hotel di Batam mengalami peningkatan cukup signifikan pada Juni 2023, tepatnya saat momen liburan sekolah hingga 80 persen.

"Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Batam pada Juni 2023 meningkat karena libur sekolah di Singapura dan Malaysia, liburannya lari ke Batam," kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPD Kepri, Yeyen Heryawan, Sabtu (12/8/2023) di Batam.

Selain momen liburan sekolah, tren positif TPK perhotelan di Batam juga didukung oleh kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). "Okupansi ini juga didongkrak MICE, setelah Idul Fitri banyak event MICE di Batam," ucapnya. 

Batam juga menjadi kota perantara bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang hendak berwisata ke daerah lain dengan transit di Batam sebelum melanjutkan perjalanan. "Wisatawan nusantara sebelum ke Singapura lewat Batam transit," katanya. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan Batam memang menjadi salah satu pusat kegiatan MICE, karena sepanjang Juni 2023 berbagai kegiatan nasional digelar di Batam, seperti Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) 1 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Kenduri Seni Melayu (KSM), kunjungan 1.100 wisatawan mancanegara berkunjung ke destinasi wisata Batam, dan kegiatan pameran produk unggul dari daerah lain di Batam. 

Menurut Ardi, kegiatan MICE ini mampu menyedot perhatian wisman. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, wisman yang berkunjung selama bulan Juni 2023 tercatat sebanyak 134.280 kunjungan atau mengalami peningkatan sebesar 73,61 persen dibanding kunjungan wisman selama Mei 2023, yang mencapai sebanyak 77.348 kunjungan. Jika dibandingkan Juni 2022, jumlah kunjungan wisman ke Kota Batam naik sebesar 238,48 persen. 

"Angka kunjungan wisman ini seperti kembali ke kunjungan di tahun 2019 lalu berjumlah hampir 2 juta. Batam penyumbang terbesar di Provinsi Kepri," terangnya. 

Peningkatan jumlah kunjungan wisman selama bulan Juni 2023 ke Batam terjadi di pintu masuk yang ada di Kota Batam yaitu Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbourbay, Pelabuhan International Sekupang dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

Pada bulan Juni 2023, jumlah kunjungan wisman berkebangsaan Singapura ke Kota Batam sebanyak 89.694 kunjungan. Sementara itu, kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 15.607 kunjungan, India sebanyak 4.654 kunjungan, China sebanyak 2.461 kunjungan ,Philipina sebanyak 2.678, Australia sebanyak 827 kunjungan, Inggris sebanyak 796 kunjungan, Amerika Serikat sebanyak 859 kunjungan, Jepang sebanyak 848 kunjungan serta wisman berkebangsaan Jerman sebanyak 234 kunjungan. Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam tercatat wisman berkebangsaan Singapura mengalami kenaikan jumlah kunjungan paling signifikan pada Juni 2023 sebesar 105,38 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kemudian, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Juni 2023 mencapai rata-rata 52,54 persen atau naik 10,67 poin dibanding TPK Mei 2023 sebesar 41,87 persen. Jika dibandingkan dengan bulan Juni tahun sebelumnya, TPK hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau naik sebesar 7,33 persen poin dimana TPK bulan Juni 2022 yaitu sebesar 45,21 persen. Pada bulan Juni 2023, TPK hotel berbintang di Provinsi Kepulauan Riau lebih rendah 1,13 poin dibanding dengan TPK hotel berbintang secara nasional, dimana rata-rata TPK Nasional sebesar 53,67 persen.

Selain atraksi yang meliputi atraksi alam, kebudayaan, dan buatan. Peningkatan infrastruktur yang saat ini dibangun oleh Wali Kota Batam dan juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi merupakan salah satu upaya untuk membuat wisman yang berkunjung merasa nyaman sehingga memberikan kenangan yang baik bagi wisman. 

"Batam mempunyai amenitas yang lengkap, 241 hotel dengan 36.000 kamar, 1036 kafe dan restoran, 11 pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata, dan amenitas lainnya," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper