Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Menghibahkan Delapan Unit Mobil Listrik Senilai Rp10,4 Miliar

Pemerintah pusat sudah menginstruksikan agar pemerintah daerah secara berangsur-angsur menggunakan mobil listrik.
Seremoni penyerahan hibah kendaraan listrik ke Forkopimda Riau./Ist
Seremoni penyerahan hibah kendaraan listrik ke Forkopimda Riau./Ist

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau menyerahkan hibah 8 unit mobil listrik merek Toyota bZ4X untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan penyerahan simbolis telah dilakukan ke sejumlah pimpinan instansi.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pihaknya membeli mobil listrik tersebut dengan APBD Riau 2023 senilai Rp10,4 miliar, dimana rinciannya ada total 8 unit mobil listrik dengan masing-masing harganya Rp1,3 miliar.

Menurutnya pengadaan mobil listrik ini menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.

"Pemerintah pusat sudah menginstruksikan agar pemerintah daerah secara berangsur-angsur menggunakan mobil listrik, dan program ini sejalan dengan Riau Hijau," ungkapnya, Senin (3/4/2023).

Hibah delapan unit mobil listrik ini diperuntukkan bagi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, Sekdaprov Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Kepolisian Daerah Riau. Kemudian juga kepada Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, dan satu unit ditempatkan di Badan Penghubung Pemprov Riau di Jakarta.

Menurut Syamsuar, program pengadaan mobil listrik ini sebagai upaya pemerintah mengurangi emisi karbon. Karena polusi dari asap kendaraan mobil dan motor menggunakan bahan minyak sangat berpengaruh. Selain itu, mobil listrik ini juga sebagai upaya menghemat energi.

Dia menambahkan saat ini mobil listrik itu masih untuk Forkopimda, dan belum sampai kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau. 

"Jadi kepala OPD yang dapat mobil listrik ini hanya satu saja, yakni Badan Penghubung Riau di Jakarta, karena di Jakarta mobil listrik ini sangat dibutuhkan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper