Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Medan Alokasikan Rp4 Miliar Subsidi Pasar Murah, Cek Jadwalnya

Pemkot Medan mengalokasikan Rp4 miliar untuk menggelar Pasar Murah selama sebulan, hingga 5 April mendatang.
Ilustrasi pelaksanaan pasar murah di Medan./Ist
Ilustrasi pelaksanaan pasar murah di Medan./Ist

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan alokasikan Rp4 miliar untuk menggelar Pasar Murah selama sebulan, hingga 5 April mendatang. Pasar Murah tersebut bakal disebar di 151 titik di seluruh kecamatan se-Kota Medan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemko Medan Agus Suriyono mengatakan, Pasar Murah kembali digencarkan Pemkot Medan untuk menstabilkan harga sejumlah kebutuhan pokok strategis yang terpantau naik sejak Februari kemarin. Apalagi, kurang dari seminggu bulan Ramadan menjelang.

"Ada kecenderungan harga sembako naik jelang Ramadan dan Idulfitri. Pasar murah ini menjadi salah satu solusi alternatif untuk menjangkau kebutuhan-kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh warga kota Medan," kata Agus, Rabu (6/3/2024).

Lebih lanjut ia menuturkan, Pasar Murah tidak hanya akan membantu menyediakan kebutuhan pangan yang terjangkau oleh masyarakat, namun juga upaya Pemko untuk mengendalikan harga sembako di pasar dan menekan inflasi. "Mudah-mudahan Pemko Medan dapat terus melaksanakan pasar murah di masa-masa mendatang," ujar Agus.

Pasar Murah Pemko Medan rencananya akan digelar selama satu bulan, mulai 5 Maret-5 April 2024, atau terhitung sejak seminggu sebelum Ramadan hingga satu minggu sebelum Idulfitri.

Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Erwin Saleh mengatakan, Pemko Medan menggelontorkan dana lebih dari Rp4 milyar untuk mensubsidi bahan pangan pokok yang dijual di Pasar Murah tersebut.

"Nilai subsidi yang dialokasikan sebesar Rp4 miliar lebih dengan 8 jenis bahan pokok yang dijual di pasar murah," kata Erwin.

Dikutip dari akun Instagram resmi @diskopukmperindag, beberapa bahan pokok yang disubsidi Pemko dan dapat dibeli masyarakat di Pasar Murah antara lain:

1. Beras IR-64 menjadi Rp10.950/ kg,

2. Gula pasir menjadi Rp15.325/ kg,

3. Tepung terigu menjadi Rp8.600/ kg,

4. Telur ayam menjadi Rp1.550/ butir,

5. Minyak goreng kemasan menjadi Rp16.000/ kg.

Selain itu, ada pula sirup produksi Sumatra Utara yang masuk daftar subsidi Pemko Medan dalam gelaran Pasar Murah jelang Ramadan dan Idulfitri ini.

Jadwal rinci gelaran Pasar Murah Pemko di 151 titik se-Kecamatan Kota Medan bisa dicek secara berkala di akun instagram resmi Diskop UKMPerindag Kota Medan. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler