Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Destinasi Wisata Mewah Baru Pulau Nirup di Batam

Pulau Nirup yang berjarak 8 mil laut dari Singapura ini mengembangkan kawasan wisata terpadu yang terdiri atas hotel, villa air, dan fasilitas wisata lainnya.
Terminal Khusus Pariwisata di Pulau Nirup, Belakangpadang, Batam resmi beroperasi/Nirup Island
Terminal Khusus Pariwisata di Pulau Nirup, Belakangpadang, Batam resmi beroperasi/Nirup Island

Bisnis.com, BATAM - Destinasi wisata baru kembali hadir di Batam, yakni Pulau Nirup yang berlokasi di Kecamatan Belakangpadang, Batam.

Pulau yang hanya berjarak 8 mil laut dari Singapura ini mengembangkan kawasan wisata terpadu yang terdiri atas hotel, villa air, dan fasilitas wisata lainnya.

Peresmian Terminal Khusus Pariwisata di Pulau Nirup dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (8/7/2023). Menurutnya, kawasan wisata pulau tersebut sudah berskala internasional. Dia berharap kawasan itu agar terus bisa dikembangkan untuk mengangkat pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri).

Letak geografis Kepri yang berdekatan dengan Singapura dan negara tetangga lainnya merupakan potensi besar. Budi meminta agar regulasi perizinan menyangkut pariwisata lebih dimudahkan.

"Lokasi wisata ini sangat bagus. Dukung dengan promosi-promosi secara luas dan siapkan regulasi yang mudah. Jadikan ini sebagai sarana yang bisa membawa nama baik Kepri dan Indonesia," kata Budi Karya usai meninjau Terminal Khusus Pariwisata di Pulau Nirup, yang dikelola PT Tritunas Sinar Benua dan One 15 Marina, dikutip Minggu (9/7/2023).

Kawasan wisata Pulau Nirup berdiri di atas area seluas 47.100 meter persegi. Pulau ini menampilkan wisata mewah bagi wisatawan mancanegara dan juga tempat rekreasi yang dapat dijangkau bagi wisatawan lokal.

"Saya berharap Pulau Nirup dapat memberikan efek domino bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat di Kecamatan Belakangpadang," tutur BUdi Karya. 

Destinasi wisata ini juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dari penduduk lokal, yang nantinya juga akan berbarengan dengan menghidupkan wisata di Pulau Belakangpadang, seperti wisata kuliner, wisata budaya, dan wisata sejarah. 

"Oleh sebab itu, akses menuju Pulau Nirup dan Belakangpadang juga disiapkan dengan baik, di mana pada hari ini diresmikan pula terminal khusus pariwisata di pulau ini," ungkapnya.

Pulau Nirup hanya berjarak 13 km dari Pantai Sentosa di Singapura. Pulau ini memiliki banyak kelebihan, seperti airnya yang jernih, pulau yang asri, kehadiran terumbu karang yang indah dan natural sehingga cocok bagi wisatawan yang punya hobi snorkling.

Di pelabuhan pariwisata Pulau Nirup ini, dilengkapi fasilitas keimigrasian dan bea cukai sehingga wisman semakin mudah masuk ke kawasan ini karena persoalan keimigrasian dan bea cukai selesai di sana.

Pulau ini juga dilengkapi fasilitas tambat sehingga bisa menampung banyak kapal pesiar atau yacht.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper