Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Neraca Perdagangan Batam April 2024 Suprlus US$101,87 Juta

Secara bulanan, ekspor Batam pada April 2023 yang tercatat sebesar US$1,14 miliar, menurun sebesar 7,61 (mtm).
Fasilitas bongkar muat barang di Batam
Fasilitas bongkar muat barang di Batam

Bisnis.com, BATAM - Neraca perdagangan Batam mencatatkan pertumbuhan positif pada April 2023 kemarin. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Batam menunjukkan surplus sebesar US$101,87 juta.  

Penyebab surplus tersebut, yakni karena nilai ekspor Batam yang tercatat sebesar US$1,14 miliar, sementara nilai impor US$1,04 miliar. Secara kumulatif, neraca perdagangan Kota Batam sejak Januari hingga April 2023 mencapai US$335,09 juta.

Kepala BPS Batam Agus Kadaryanto mengatakan secara bulanan, ekspor Batam pada April 2023 yang tercatat sebesar US$1,14 miliar, menurun sebesar 7,61 (mtm) bila dibandingkan dengan Maret yang tercatat sebesar US$1,24 miliar. 

"Jika dibandingkan secara kumulatif Januari hingga April, nilai ekspor Batam tumbuh sebesar 11,07 persen (yoy), dimana tahun 2022 lalu, ekspor Batam pada Januari hingga April mencatatkan US$4,62 miliar. Sementara di tahun 2023, ekspor Batam mencatatkan US$5,14 miliar," katanya, Minggu (11/6/2023) di Batam.

Sementara untuk nilai impor Batam, secara bulanan turun sebesar 17,05 persen (mtm), dimana pada April 2023 tercatat sebesar US$1,04 miliar, dan pada Maret tercatat sebesar US$1,26 miliar. Namun secara kumulatif dari Januari hingga April, impor Batam mengalami kenaikan sebesar 14,17 persen (yoy) atau dari US$4,20 miliar pada 2022, menjadi US$4,80 miliar pada 2023. 

Sementara itu, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mengatakan untuk meningkatkan nilai ekspor, pihaknya terus menggesa pengembangan Pelabuhan Batu Ampar agar dapat memperlancar arus logistik di Kota Batam dalam mendukung kegiatan ekspor dan impor.

Saat ini, pelabuhan tersebut sudah memiliki 1 unit ship to shore (STS) crane untuk mempercepat layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar.

Dengan STS Crane yang saat ini sudah hadir di Pelabuhan Batu Ampar, maka proses bongkar muat barang dari kapal ke darat bisa lebih cepat. Dalam 1 jam, STS Crane yang baru didatangkan ini dapat melakukan aktivitas bongkar muat sebanyak 35 kontainer.

"Tidak sampai 2 menit, satu kontainer sudah bisa dipindahkan ke darat. Alat ini bisa menyelesaikan banyak masalah di sini. Tentu kalau ini berjalan baik, tahun depan kita harapkan sudah menambah lagi," ujarnya.

Begitu juga dengan area container yard yang saat ini sudah dibangun dengan target seluas 20 hektare. Sehingga, Batam menjadi hub logistik akan semakin cepat tercapai. Dengan kata lain, Batam saat ini sudah siap untuk menjadi tempat penitipan kontainer bagi siapapun. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper