Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Batam Triwulan I 2023, Berkontribusi 78 Persen ke Kinerja Kepri

Sepanjang triwulan I 2023, Batam menyumbang 78 persen dari total ekspor Kepulauan Riau (Kepri) sebesar USD 5.105,95 juta. 
Fasilitas bongkar muat barang di Batam./Ist
Fasilitas bongkar muat barang di Batam./Ist

Bisnis.com, BATAM - Sepanjang triwulan I 2023, Batam menyumbang 78 persen dari total ekspor Kepulauan Riau (Kepri) sebesar US$5.105,95 juta. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, Agus Kadaryanto mengatakan nilai ekspor Batam pada bulan Maret 2023 berdasarkan pelabuhan, yang terbesar dari Pelabuhan Batuampar dengan nilai US$858,44 juta. 

"Kemudian, Pelabuhan Sekupang dengan nilai US$223,55 juta dan Pelabuhan Kabil/Panau dengan nilai US$81,52 juta. Ada juga sumbangsih dari Pelabuhan Belakang Padang dengan capaian US$59,38 juta dan Batam Island sebesar US$6,01 juta," katanya di Batam, Minggu (14/5/2023).

Kontribusi kelima pelabuhan tersebut sebesar 98,91 persen dari total ekspor Batam secara keseluruhan pada bulan Maret 2023 lalu.

Sedangkan negara yang menjadi tujuan ekspor Kota Batam didominasi oleh Singapura (US$1.443,01 juta), Amerika Serikat (US$1.028,94 juta), China (US$286,08 juta), Jepang (US$113,37 juta), dan India (US$95,41 juta).

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan untuk meningkatkan nilai ekspor Batam, BP Batam berkomitmen melakukan modernisasi fasilitas pelabuhan.

"BP Batam berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan dan peningkatan infrastruktur. Khususnya modernisasi pelabuhan. Hal ini agar kegiatan ekspor bisa berjalan maksimal," ujarnya.

Rudi optimistis nilai ekspor Batam bakal terus meningkat seiring pembangunan dan peningkatan Pelabuhan Batu Ampar. Ia berharap pelabuhan tersebut dapat menjadi pelabuhan bongkar muat modern ke depannya.

“Pembangunan yang sedang dikerjakan adalah untuk kepentingan umum. Saya optimis, pertumbuhan ekonomi daerah akan meningkat seiring kemajuan Kota Batam,” pungkasnya. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper