Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Pastikan Stok Biosolar Subsidi di Serdang Bedagai Aman

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut pastikan stok Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) Bio Solar subsidi dalam kondisi aman.
Pertamina Pastikan Stok Biosolar Subsidi di Serdang Bedagai Aman / Istimewa
Pertamina Pastikan Stok Biosolar Subsidi di Serdang Bedagai Aman / Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut pastikan stok Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) biosolar subsidi dalam kondisi aman.

Para nelayan mengajukan berupa surat rekomendasi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat terkait kebutuhan biosolar di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut).

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan lembaga penyalur misalnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) agar penyaluran BBM, khususnya biosolar bagi nelayan dapat terpenuhi sesuai kebutuhan.

"Stok biosolar subsidi dalam kondisi aman, tidak ada kelangkaan. SPBUN menyalurkan biosolar kepada nelayan yang telah memiliki surat rekomendasi dari DKP setempat," ujar Satria, Kamis (6/4).

Dalam keterangannya ia menjelaskan realisasi penyaluran biosolar untuk Sergai hingga Maret 2023 sebanyak 11.920 Kilo Liter (KL) dimana kuota biosolar di Sergai 2023 adalah sebesar 42.644 KL.

Hingga triwulan pertama realisasi penyaluran biosolar sudah sekitar 28 persen dari total kuota yang ditetapkan oleh BPH Migas. Itu artinya rata-rata penyaluran biosolar sebesar 132 KL per hari.

"Kuota JBT biosolar khususnya di Sergai sejumlah 117 KL per hari, sedangkan rata-rata penyaluran biosolar sebesar 132 KL per hari. Jadi sebenarnya, penyaluran biosolar bahkan sudah lebih banyak dari kuota yang ditetapkan," sambungnya.

Satria mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Diharapkan, masyarakat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau datang langsung ke SPBU.

Pendaftaran Program Subsidi Tepat ini untuk melindungi konsumen yang berhak dari konsumen lainnya yang tidak berhak. Sehingga BBM subsidi dapat tersalurkan dengan tepat sasaran dan tepat volume.

"Konsumen nelayan merupakan bagian dari Program Subsidi Tepat, yang termasuk kategori non kendaraan. Saat ini, Program Subsidi Tepat untuk konsumen nelayan sudah mulai diujicobakan di beberapa SPBUN," jelas Satria.

Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menyalurkan biosolar subsidi dengan tepat sasaran sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014. Untuk memastikan distribusi biosolar berjalan lancar dan aman, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga terus meningkatkan pengawasan di lapangan bekerja sama dengan aparat penegak hukum, berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper