Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG di Sumbar Aman Selama Liburan Nataru 2022

Pihaknya juga telah membentuk Tim Satgas Nataru yang disiagakan di jalur strategis dan wisata Sumatra Barat
Seorang operator tengah melayani pengisian BBM jenis Pertamax di SPBU Pitameh, Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (1/4/2022)/Bisnis-Muhammad Noli Hendra
Seorang operator tengah melayani pengisian BBM jenis Pertamax di SPBU Pitameh, Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (1/4/2022)/Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - PT Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan dan layanan BBM, LPG dan avtur bagi masyarakat berjalan dengan lancar selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria mengatakan pihaknya juga telah membentuk Tim Satgas Nataru yang disiagakan di jalur strategis dan wisata Sumatra Barat.

"Kami memprediksi konsumsi energi akan naik pada perayaan Natal 2022 ini, karena berkemungkinan besar mobilitas masyarakat akan meningkat pula," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Untuk itu, Pertamina telah mengambil langkah antisipasi dengan cara menyiagakan Tim Satgas Nataru, untuk memastikan pasokan serta layanan-layanan tambahan lainnya.

"Tim Satgas Nataru Pertamina telah aktif bertugas sejak 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Jadi sebelum dan sesudah Nataru, Satgas kita tetap bekerja," tegasnya.

Dia menjelaskan tim Satgas Nataru tersebut juga telah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait meliputi Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, Kepolisian, Jasa Marga, TNI dan berbagai pihak lainnya..

Diakuinya, kebutuhan BBM di Sumbar, konsumsi Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) diperkirakan meningkat sebesar 6 persen atau 2.149 KL menjadi 2.267 KL per hari.

Sementara konsumsi Gasoil (Solar, Dexlite, Pertamina Dex) diprediksi mengalami kenaikan sebesar 15 persen atau 1.468 KL menjadi 1.683 KL per hari.

Menurutnya peningkatan juga diprediksi terjadi untuk konsumsi LPG sekitar 3 persen atau 428 Metrik Ton (MT) menjadi 440 MT per hari. Proyeksi ini dibandingkan sales normal harian.

"Kami tegaskan masyarakat tidak usah khawatir karena stok BBM, LPG dan Avtur dalam keadaan aman dan lancar. Kami akan memonitor terus-menerus sehingga diharapkan kebutuhan masyarakat akan BBM, LPG dan Avtur dapat terpenuhi," ucap Satria.

Selain itu, dalam memastikan layanan terhadap masyarakat tetap terjaga dengan baik, Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan energi pendukung di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa SPBU Siaga, SPPBE Siaga, Agen LPG PSO Siaga, Motoris, dan SPBU Kantong.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga menyiapkan posko kesehatan di empat SPBU yang berada di titik jalur trans Sumatera dan wisata yaitu SPBU 13.262.511 Kabupaten Limapuluh, Sumbar, SPBU 14.284.653 Kabupaten Kampar, Riau, SPBU 14.211.214 Parapat dan SPBU 14.221.248 Brastagi, Sumatra Utara.

Satria juga menghimbau agar masyarakat menggunakan BBM dengan bijak dan menggunakan produk-produk berkualitas Pertamina.

Selain itu, bagi masyarakat yang berhak mengkonsumsi BBM subsidi untuk segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website MyPertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper