Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Pengendalian BBM Subsidi Jenis Biosolar, Riau Minta Pertamina Mengawasi

Pemerintah Provinsi Riau mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan penyaluran BBM bersubsidi ke masyarakat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  16:28 WIB
Dukung Pengendalian BBM Subsidi Jenis Biosolar, Riau Minta Pertamina Mengawasi
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan penyaluran BBM bersubsidi ke masyarakat. Karena itu Pertamina diminta untuk mengawasi penyaluran di lapangan.

Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan BBM bersubsidi seperti biosolar tidak bisa dijual untuk semua kendaraan, namun hanya yang memenuhi aturan Perpres No.191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

"Karena biosolar ini bersubsidi penggunaannya bukan untuk semua jenis kendaraan. Jadi peruntukannya dibatasi. SPBU kami harap tidak melayani kendaraan di luar ketentuan dan yang dilarang mendapatkan BBM subsidi," ujarnya, Kamis (4/8/2022).

Di aturan Perpres disebutkan sejumlah kendaraan yang dilarang membeli BBM bersubsidi jenis biosolar yaitu mobil barang roda lebih dari 6, kemudian angkutan hasil pertambangan seperti batu, pasir, tanah, serta angkutan perkebunan. Selanjutnya kendaraan dinas pelat merah, BUMN serta BUMD, TNI Polri, alat berat, dan genset penerangan.

Karena itu Syamsuar menyebutkan hanya kendaraan yang di luar ketentuan itulah yang boleh membeli BBM subsidi seperti biosolar. Sedangkan yang sudah dilarang melalui Perpres, tidak boleh membeli atau mengantre di SPBU untuk mendapatkan biosolar.

Pertamina diminta melakukan pengawasan secara ketat dalam menyalurkan BBM subsidi itu ke masyarakat. Sehingga memang pembeli biosolar adalah kelompok yang berhak menerima subsidi dari pemerintah melalui harga BBM yang terjangkau.

"Jadi yang berhak saja yang bisa menikmati, Pertamina harus mengawasi ini, supaya yang tidak berhak jangan sampai memakai biosolar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biosolar riau
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top