Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dishub Pekanbaru Segera Lelang Pengelolaan Parkir Berbasis Kartu Uang Elektronik

Nantinya mitra kerja tersebut bakal mengelola parkir di 88 ruas jalan di Pekanbaru, dengan menerapkan sistem pembayaran menggunakan kartu uang elektronik.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 05 April 2021  |  18:32 WIB
Area parkir sepeda motor.  - Antara
Area parkir sepeda motor. - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru saat ini tengah menyiapkan proses lelang untuk mencari mitra kerja dalam pengelolaan parkir tepi jalan.

Nantinya mitra kerja tersebut bakal mengelola parkir di 88 ruas jalan di Pekanbaru, dengan menerapkan sistem pembayaran menggunakan kartu uang elektronik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan pihaknya segera melakukan lelang ulang, pasca pihaknya telah memutus kontrak kerja dengan mitra kerja sebelumnya. Dia menegaskan, dalam lelang ini pihaknya lebih selektif dalam menentukan mitra kerja.

Selain itu mitra kerja diminta harus mampu memenuhi seluruh poin perjanjian kerjasama. Salah satunya pengelolaan parkir yang akan diterapkan berbasis elektronik. Mitra kerja harus mampu mengelola dengan manajemen yang baik dan berbasis IT.

"Jadi nanti pengelolaan parkir di Pekanbaru akan berbasis elektronik. Apakah itu pengeluaran maupun pendapatan itu dilakukan secara non tunai," ujarnya dalam siaran pers, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, mitra kerja harus mampu menyiapkan alat berbasis elektronik tersebut. Karena pembayaran retribusi parkir akan menggunakan kartiu uang elektronik, sehingga sarana dan prasarana penunjang harus mampu dipenuhi mitra kerja kedepannya.

Namun, pengelolaan parkir berbasis elektronik ini tidak sekaligus diterapkan di 88 ruas jalan yang dikerjasamakan. Sistem ini menurutnya bakal diterapkan secara bertahap kedepannya. Namun, dikatakan Yuliarso, untuk tahap awal ini bakal diprioritaskan bagi ruas jalan protokol.

"Nanti warga diberikan kartu yang dapat diisi ulang, seperti kartu tol. Selesai parkir tinggal tempel saja nanti. Ini lebih transparan. Sementara akan kami lakukan secara bertahap, terutama di jalan protokol."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekanbaru parkir
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top