Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Dorong Kabupaten Terdampak Kebakaran Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Pemprov Riau mendorong kabupaten yang saat ini mengalami kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya segera menetapkan status siaga darurat.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau mendorong kabupaten yang saat ini mengalami kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya, untuk segera menetapkan status siaga darurat karhutla. 

Beberapa daerah di wilayah pesisir Riau, seperti Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Siak, telah terdampak oleh kebakaran lahan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal mengatakan hingga saat ini, Kota Dumai menjadi satu-satunya daerah yang telah menetapkan status siaga darurat Karhutla Riau 2024 setelah mengalami kebakaran. Menurutnya dorongan ini bertujuan agar penanganan kebakaran di daerah dapat lebih terkoordinasi.

"Kami mendorong kabupaten yang sudah terdapat kasus karhutla untuk segera menetapkan status siaga darurat karhutla 2024. Saat ini baru Kota Dumai yang baru menetapkan siaga," ujarnya, Senin (26/2/2024).

Menurutnya penetapan status siaga darurat karhutla di tingkat kabupaten juga penting untuk menetapkan status siaga tingkat provinsi. 

Kemudian kalau sudah ada dua kabupaten yang menetapkan status siaga darurat karhutla, pihaknya akan melakukan kajian dan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk menetapkan status yang sama diajukan ke pimpinan.

Edy menegaskan bahwa beberapa wilayah pesisir Riau telah mengalami kebakaran karena mulai memasuki musim kering. 

"Meskipun kebakaran masih berskala kecil dan dapat ditangani oleh tim satgas darat, Pemprov Riau ingin memastikan penanganan yang lebih efektif melalui koordinasi yang baik antar-kabupaten dan kota terdampak," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper