Sore Ini, Gunung Marapi Alami 3 Kali Erupsi dengan Ketinggian Abu 1.000 Meter

Gunung Marapi di Provinsi Sumatra Barat kembali terjadi erupsi pada Selasa (6/2) sore ini setelah hampir sepekan lamanya dalam kondisi tenang.
Kondisi erupsi Gunung Marapi yang terlihat dari Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, pada pukul 17.27 WIB./  Foto warga-Mukhlis
Kondisi erupsi Gunung Marapi yang terlihat dari Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, pada pukul 17.27 WIB./ Foto warga-Mukhlis

Bisnis.com, AGAM - Gunung Marapi di Provinsi Sumatra Barat kembali terjadi erupsi pada Selasa (6/2) sore ini setelah hampir sepekan lamanya dalam kondisi tenang.

Data dari Pos Pengamatan Gunungapi Marapi mencatat terhitung sejak pukul 15:28 WIB tadi, erupsi pertama terjadi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak Gunung Marapi.

Kemudian pada pukul 16:04 WIB erupsi yang kedua kalinya pada Selasa (6/2) ini kembali terjadi dengan tinggi kolom abu teramati kurang 1.000 meter.

Selanjutnya pada pukul 17:02 WIB erupsi yang ketiga kalinya kembali terjadi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak Gunung Marapi.

Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Marapi Ahmad Rifandi dalam keterangan resmi mengatakan dari aktivitas tersebut, saat ini status Gunung Marapi masih berada pada Status Level III atau Siaga.

"Kepada masyarakat kami mengingatkan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi (kawah verbeek) Gunung Marapi," katanya, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, warga di Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Mukhlis mengatakan juga menyaksikan erupsi Gunung Marapi, karena kejadian itu juga terlihat dari desa Pariangan.

"Pemandangan ke arah puncak Gunung Marapi lagi bersih, biasanya tertutup awan. Jadi saya sempat memotret memon erupsi itu," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper