Pembangunan Flyover Sekip Ujung Capai 90%, Target Dibuka April 2024?

Flyover Sekip Ujung, Kota Palembang, baru akan dibuka secara resmi setelah pekerjaan selesai 100% dan dilakukan serah terima pekerjaan.
Pembangunan Flyover Sekip Ujung Palembang. /Bisnis-Husnul
Pembangunan Flyover Sekip Ujung Palembang. /Bisnis-Husnul

Bisnis.com, PALEMBANG – Progres pembangunan flyover Sekip Ujung, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) yang rencananya diluncurkan pada April 2024 telah mencapai lebih dari 90%. 

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sumsel Basyaruddin Akhmad mengungkapkan jalan layang itu baru akan dibuka secara resmi setelah pekerjaan selesai 100% dan dilakukan serah terima pekerjaan. 

“Setelah final hand over (FHO) 29 April 2024, baru dioperasikan,” kata dia saat dikonfirmasi, Selasa (6/2/2024). 

Diketahui, pembangunan yang molor dari target sebelumnya yakni pada bulan Desember 2023 itu sempat terkendala beberapa persoalan seperti pembebasan lahan, utilitas PDAM, gas dan listrik. 

Sementara untuk saat ini, pengerjaan yang tengah berlangsung meliputi pagar pengaman jalan, sandaran, dan lain sebagainya kembali melambat lantaran beberapa perlengkapan yang belum siap

"Beberapa perlengkapan FO seperti pagar pengaman jalan saat ini belum siap," ungkapnya. 

Padahal, operasional flyover Sekip Ujung menjadi salah satu prioritas karena diyakini mampu mengurai kemacetan di Kota Pempek yang selama ini terjadi Jalan R Soekamto-Jalan Basuki Rahmat. 

Adapun rincian anggaran pembangunan flyover tersebut yang bersumber dari SBSN diantaranya Rp69,75 miliar pada 2022, Rp76,76 miliar tahun 2023 dan Rp21,67 miliar pada 2024 ini. 

Sementara dari APBD Pemerintah Provinsi Sumsel untuk pembebasan lahan sebesar Rp51 miliar dan APBD Pemerintah Kota Palembang Rp14,9 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper