Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepanjang Triwulan III/2023, Realisasi Investasi PMA di Batam Meningkat 1,99%

Realisasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Batam mengalami peningkatan cukup signifikan.
Kawasan industri di Batam
Kawasan industri di Batam

Bisnis.com, BATAM - Sepanjang triwulan III/2023, realisasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Batam mengalami peningkatan cukup signifikan. 

Berdasarkan catatan Kementerian Investasi, realisasi investasi PMA di Batam mencapai US$160,16 juta dari 985 proyek. Jumlah tersebut naik 1,99% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 lalu.

Sementara itu, realisasi investasi PMDN mencapai Rp2,49 triliun dari 2.180 proyek yang ada selama triwulan III/2023. Angka tersebut meroket dibandingkan dengan triwulan III/2022, yang hanya mencatatkan Rp540 miliar dari 741 proyek.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengakui bahwa peningkatan nilai investasi merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai salah satu daerah industri di Indonesia, letak Batam yang strategis dengan didukung kemudahan perizinan adalah kunci keberhasilan dalam menggaet investor. "Saya optimis, pertumbuhan ekonomi pun akan meningkat seiring kemajuan Batam saat ini," ujarnya, Rabu (6/12/2023) di Gedung BP Batam.

Rudi menjelaskan bahwa investasi merupakan hal penting bagi pembangunan dan ekonomi daerah. Selain itu, kehadiran investor juga membuka peluang kerja untuk warga Batam. Khususnya bagi generasi muda yang terus bertumbuh.

"BP Batam juga terus membenahi fasilitas pendukung untuk kenyamanan investor seperti menggesa dan menyiapkan pembangunan jalan, bandara, serta pelabuhan. Hal ini pula yang akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan investasi ke depan," pungkasnya. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper