Stok BBM dan LPG di Kawasan Terdampak Erupsi Gunung Marapi Dipastikan Aman

Saat ini terdapat lima SPBU di Kabupaten Agam, 1 SPBU di Kabupaten Tanah Datar, 3 SPBU di Kota Bukittinggi, masih beroperasi normal.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - PT Pertamina Patra Niaga memastikan stok dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, yang merupakan daerah terdampak erupsi Gunung Marapi Sumatra Barat, aman dan terjaga dengan baik.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut Susanto August Satria mengatakan kepastian terkait amannya ketersediaan BBM dan LPG itu, setelah melakukan melakukan pengecekan terhadap lembaga penyalur yang terdekat dengan area erupsi Gunung Marapi.

"Dari hasil pengecekan, terjadi hujan abu vulkanik sekitar area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) namun tidak ada kerusakan sarana dan fasilitas sehingga operasional berjalan dengan normal," kata Satria, dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023).

Dia menjelaskan saat ini terdapat lima SPBU di Kabupaten Agam, 1 SPBU di Kabupaten Tanah Datar, 3 SPBU di Kota Bukittinggi, masih beroperasi normal.

Selain itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, aparat setempat, lembaga penyalur (SPBU, Agen LPG dan Pangkalan LPG) untuk menjaga ketersediaan stok BBM dan LPG di Sumbar.

"Kami memastikan stok dan distribusi BBM dan LPG aman di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Bukittinggi dan sekitarnya. Jika ada kebutuhan informasi maupun masukan dan saran, masyarakat atau konsumen dapat menghubungi kontak Pertamina 135," ujarnya.

Dia menegaskan PT Pertamina Patra Niaga tetap melakukan penyaluran BBM dan LPG seperti biasa dengan tetap memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan para awak yang bertugas.

"Jika terjadi hujan abu, kami mengimbau para pekerja dan mitra kerja yang bertugas menggunakan masker untuk mengurangi dampak abu vulkanik bagi kesehatan," ucapnya.

Satria juga menyampaikan turut prihatin atas erupsi yang terjadi di Gunung Marapi. Masyarakat diharapkan selalu mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni Pemerintah Daerah, Badan Geologi, BNPB (Badan Nasional Penanggulan Bencana), dan instansi terkait lainnya.

"Pertamina menyampaikan turut berdukacita dan prihatin yang mendalam atas musibah erupsi Gunung Marapi di Sumbar. Doa terbaik untuk korban yang meninggal dunia dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper