Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbar Tawarkan Sejumlah Potensi Investasi pada Kegiatan WIES 2023

Pada kegiatan WIES 2023 itu diperkirakan akan turut dihadiri oleh 13 negara. Kehadiran tamu dari negara-negara tersebut akan membuka peluang bisnis.
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi/Bisnis.com
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi/Bisnis.com

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) menggelar World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang dipusatkan di Kota Padang mulai 6-8 September 2023 mendatang.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan pada kegiatan WIES 2023 itu diperkirakan akan turut dihadiri oleh 13 negara. Kehadiran tamu dari negara-negara tersebut akan membuka peluang bisnis yang dapat memberikan dampak perekonomian di Ranah Minang.

"Pada WIES 2023 ini kita akan membuka peluang bisnis dengan negara-negara yang hadir nantinya itu. Seperti dari sektor pertanian dan perdagangan," katanya, Rabu (6/9/2023).

Dia menyebutkan alasan Pemprov Sumbar menawarkan peluang bisnis pada sektor pertanian dan perdagangan, karena sektor tersebut dapat dikatakan memberikan dampak besar pada pertumbuhan ekonomi di Sumbar."Jadi kita berharap ada investasi yang masuk melalui WIES 2023 ini," ujarnya.

Wagub menyampaikan selain untuk pertanian, potensi investasi yang di kalah menariknya untuk menarik minat investor adalah sektor perdagangan. Karena banyak produk-produk UMKM di Sumbar yang mungkin bisa kerjasama dengan negara-negara yang hadir nantinya.

"Kitakan pergerakan ekonomi yang paling besar itu masih di pertanian dan kedua perdagangan, perdagangan itu UMKM, nah itu salah satu yang kita tampilkan pada WIES," sebut dia.

Bahkan pada kegiatan WIES ini, Pemprov Sumbar juga turut bekerja sama dengan hijrah fest, sehingga akan ditampilkan UMKM pilihan di Sumbar.

Menyikapi WIES itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar Endang Kurnia Saputra memperkirakan bahwa kegiatan WIES 2023 itu kaan dapat memicu pertumbuhan ekonomi Sumbar.

"Saya melihat akan dapat mendatangkan buyer dari 13 negara. Insyaallah potensi produk UMKM dan pelayanan jasa yang sifatnya nanti siap ekspor itu akan meningkat di Sumbar. Jadi cukup besar dampaknya ya," jelasnya.

WEIS 2023 merupakan forum berkumpulnya para pelaku usaha muslim nasional dan internasional. Dimana kegiatan itu, juga bersinggungan dengan kegiatan Minangkabau Halal Festival, yang dijadwalkan akan dibuka secara langsung Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper