Pekan Nasional KTNA Bakal Dimulai di Sumbar pada Juni 2023

Provinsi Sumatra Barat ditunjuk menjadi tuan rumah pada kegiatan Penas Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI yang akan digelar pada 10-15 Juni 2023.
Nelayan/Istimewa
Nelayan/Istimewa

Bisnis.com, PADANG - Provinsi Sumatra Barat ditunjuk menjadi tuan rumah pada kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI yang akan digelar pada 10-15 Juni 2023.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan sejauh ini dari sisi persiapan dapat dikatakan Pemprov Sumbar bersama Pemkot Padang telah siap untuk menggelar event nasional tersebut.

"Penas KTNA adalah event besar, kami perkirakan tidak kurang dari 40 ribu orang akan datang ke Sumbar. Jadi memang perlu persiapan yang matang untuk itu, agar penyelenggaraan dapat berjalan maksimal," katanya, Jumat (10/3/2023).

Audy menjelaskan secara umum sesuai dengan kewenangan Pemprov Sumbar telah siap untuk penyelenggaraan kegiatan Penas KTNA 2023. Ia menyebut, akan terus memantau berbagai persiapan agar penyelenggaraan dapat berjalan sesuai rencana.

"Sejauh ini, semua persiapan sudah berjalan dengan baik, ke depan kami akan terus pantau untuk suksesi Penas tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Bustanul Arifin Caya mengaku, dalam rangka persiapan penyelenggaraan Penas KTNA ke XVI Tahun 2023, pihaknya juga telah melakukan beberapa kali pertemuan, baik dengan panitia pusat, provinsi sampai dengan panitia lokal Kota Padang.

Dikatakannya secara umum dari segi persiapan progresnya sudah cukup baik. Namun yang masih perlu menjadi perhatian bersama dari panitia adalah bentuk teknis dari acara pembukaan, hal tersebut menurutnya perlu segera dimatangkan agar para tamu yang hadir tidak kecewa.

"Sebelumnya kami sudah beberapa kali mengikuti pertemuan baik dengan panitia pusat, provinsi sampai dengan panitia lokal di tingkat kota, namun belum ada pembahasan mengenai bentuk acara pembukaan, ini penting mengingat Presiden direncanakan akan hadir, jangan sampai kurang optimal," kata Bustanul.

Selanjutnya, Ketua Umum KTNA Nasional Mohamad Yadi Sofyan Noor menyebutkan, untuk persiapan dari segi administrasi terkait rencana menghadirkan Presiden RI, pihaknya telah menyurati secara resmi, setidaknya sebanyak 12 surat telah disampaikannya kepada berbagai pihak terkait untuk mendukung pelaksanaan Penas nantinya.

"Kami sudah surati Bapak Presiden untuk bisa hadir ke Sumbar pada acara Penas nanti. Tidak hanya itu KTNA juga sudah mengeluarkan paling tidak 12 buah surat penting ke berbagai pihak untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Penas kita nanti," tuturnya.

"Secara umum, semua surat yang telah kita kirimkan tersebut, sejauh ini cukup mendapat respon positif," sambung dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper