Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkominfo dan Infinite Learning Indonesia Gelar Bootcamp Animasi dan Game di Batam

Batam saat ini sedang giat membangun infrastruktur TIK. Batam juga sudah ada KEK yang mengkhususkan pengembangan industri digital yaitu Nongsa Digital Park.
Bootcamp Luring Bidang Animasi dan Game yang digelar di Nongsa Digital Park, selama lima hari dari Senin (12/12) hingga Jumat (16/12) mendatang.
Bootcamp Luring Bidang Animasi dan Game yang digelar di Nongsa Digital Park, selama lima hari dari Senin (12/12) hingga Jumat (16/12) mendatang.

Bisnis.com, BATAM -  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Infinite Learning Indonesia menggelar Bootcamp Luring Bidang Animasi dan Game yang digelar di Nongsa Digital Park, selama lima hari dari Senin (12/12/2022) hingga Jumat (16/12/2022).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementerian Kominfo bersama Infinite Learning Indonesia di Nongsa Digital Park ini, dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hedi M Idris.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Azril Apriansyah mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyambut baik kegiatan tersebut. Azril juga memaparkan berbagai lompatan pembangunan Batam, termasuk infrastruktur bidang TIK.

"Batam saat ini sedang giat membangun infrastruktur termasuk infrastruktur di bidang TIK. Kini, Batam juga sudah ada KEK yang mengkhususkan pengembangan industri digital yaitu Nongsa Digital Park ini," ucap Azril, yang hadir mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Azril mengatakan, para peserta bootcamp sangat beruntung karena mendapatkan pelatihan di tempat yang memproduksi konten animasi dan perfilman untuk kelas dunia, yaitu infinite studio dan dilatih oleh tim infinite learning di Nongsa Digital Park (NDP).

"Manfaatkan pelatihan ini untuk menimba ilmu dan tunjukkan skill kalian siapa tahu akan dilirik menjadi talent di industri animasi dan game," imbuh Azril, sembari menyemangati peserta.

Menurutnya, sebagai daerah yang ekonominya bergantung pada industri dan Jasa, Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal menjadi elemen yang sangat penting, termasuk SDM yang terkait dunia digital.

"Batam juga memiliki fasilitas MICE (MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) yang lengkap, sehingga sangat terbuka untuk kegiatan-kegiatan besar termasuk pelatihan dan pendidikan (diklat)," terangnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh total 50 orang peserta terpilih melalui seleksi yang ketat, yang merupakan alumni pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dan Fresh Graduate Academy (FGA) Digital Talent Scholarship Tahun 2022 bidang animasi dan game.

Sementara itu, materi disampaikan para pengajar dari Tim Infinite Learning Indonesia yang terdiri dari Sri Andaeni, Jessica Vanessa, Marsani, dan Bill Delvin.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Anny Triana yang juga Sub Koordinator Pusbang Litprof SDM Komunikasi, menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menjembatani kebutuhan SDM di industri animasi dan game. Dengan keluaran (output) dari program pelatihan dan sertifikasi Program VSGA dan FGA DTS tahun 2022 bidang animasi dan game. Sekaligus meninjau kesesuaian output pelatihan dan sertifikasi tersebut dengan kebutuhan industri.

Agar tercipta link and match antara industri dengan program pelatihan Digital Talent Scholarship, dalam hal ini adalah NDP dari pihak Business dan Kementerian Komunikasi dan Informatika dari pihak Government (Business and Government).

"Setelah selesai mengikuti bootcamp di Nongsa Digital Park, para peserta bootcamp diharapkan dapat mengikuti program magang dan rekrutmen pada mitra-mitra industri Nongsa Digital Park," sebut Anny.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper