Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Toba Pulp Lestari Intensifkan Kemitraan dengan Masyarakat

Perseroan mengharapkan program kemitraan kehutanan yang dijalankan ini dapat turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 23 Oktober 2022  |  14:33 WIB
Toba Pulp Lestari Intensifkan Kemitraan dengan Masyarakat
Pabrik PT Toba Pulp Lestari. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Perusahaan pulp and paper PT Toba Pulp Lestari Tbk. mengintensifkan kemitraan dengan masyarakat di sekitar kawasan hutan tanaman industri.

Direktur Perseroan, Jandres Silalahi, menjelaskan perseroan memprioritaskan kemitraan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bentuk kerja samanya berupa program tanaman kehidupan, tumpang sari, pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM), dan kerjasama hasil hutan bukan kayu (HHBK).

"Perseroan mengharapkan program kemitraan kehutanan yang dijalankan ini dapat turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar areal kerja perseroan," ujarnya dalam rilis, Jumat (21/10/2022).

Perusahaan yang melantai di bursa saham berkode INRU ini telah bermitra dengan 13 kelompok tani hutan, dua koperasi dan satu kelompok masyarakat dengan total 893 kepala keluarga. Mereka tersebar di Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Simalungun.

Kemitraan mencakup program penanaman Hail Hutan Bukan Kayu (HHBK) seluas 1.753 Ha, tumpang sari, dan UMKM.

Sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi, perseroan telah melakukan kerja sama penanaman eucalyptus dengan sistem bagi hasil seluas 12.755 Ha yang dikerjasamakan dengan 2.824 KK.

Dalam menjalankan kegiatan operasional, mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan tanaman, pemanenan dan pengangkutan kayu ke pabrik sepenuhnya dilakukan oleh mitra kerja lokal yang berasal dari masyarakat sekitar areal kerja perseroan. Adapun jumlah tenaga kerja dari para mitra lokal berjumlah sekitar 7.726 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toba pulp industri kehutanan industri pulp and paper pt toba pulp lestari tbk (inru) danau toba sumut
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top