Toba Pulp Lestari (INRU) Raih Penghargaan di Ajang CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Awards 2022

TPL berhasil membawa pulang kategori silver Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat Program Penciptaan Lapangan Kerja serta Peningkatan Keterampilan melalui Program Gerobak Madu.
Pabrik Toba Pulp Lestari (INRU) / Istimewa
Pabrik Toba Pulp Lestari (INRU) / Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - PT Toba Pulp Lestari Tbk. (INRU) menyabet penghargaan bergengsi pada ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Awards 2022.

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) di JS Luwansa Hotel & Convention Center Jakarta pada Kamis (23/6/2022).

TPL berhasil membawa pulang kategori silver Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat Program Penciptaan Lapangan Kerja serta Peningkatan Keterampilan melalui Program Gerobak Madu.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Halim Iskandar serta Ketua Umum ISSF Sudarmanto.

Community Development (CD) Manager INRU Ramida Siringoringo mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada perseroan.

Penghargaan ini, kata dia, menjadi motivasi bagi Toba Pulp Lestari untuk terus berkontribusi membangun masyarakat di wilayah operasional.

Ramida menyatakan bahwa Toba Pulp Lestari selalu siap untuk bersinergi dengan masyarakat dalam menggerakkan potensi desa. Tujuannya agar potensi tersebut menghasilkan nilai positif sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat hingga mandiri.

"Untuk itu, secara berkelanjutan Toba Pulp Lestari terus berkontribusi untuk pengembangan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat," ujar Ramida.

Penghargaan diberikan untuk INRU berkat kontribusinya kepada masyarakat di Desa Aek Natolu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Program tersebut diketahui sudah berlangsung sejak 2017 lalu.

Program CSR Gerobak Madu dipilih oleh perusahaan yang bergerak dalam industri bibit kertas ini karena alasan tertentu. Antara lain demi meningkatkan taraf ekonomi petani madu yang ada di sekitar perusahaan.

Melalui program itu, Toba Pulp memberi pelatihan kepada para petani madu dan menghadirkan pelatih untuk membantu meningkatkan keterampilan mereka.

Pada kesempatan ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Halim Iskandar mengingatkan semua pihak tentang pesan Presiden RI Joko Widodo mengenai peran multipihak dalam mendongkrak perekonomian desa.

Baik perusahaan negara maupun swasta yang berada di desa - desa agar menyertakan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dalam aktivitas ekonominya.

"Tujuannya agar ekonomi desa melaju lebih cepat lagi. Salah satu wujud kerja sama adalah kegiatan CSR secara khusus yang mampu mendukung dan berhasil membangun desa secara berkelanjutan," katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berharap penghargaan yang diraih oleh total 64 perusahaan negara dan swasta pada ajang ini mampu menumbuhkan motivasi untuk mendukung pengembangan BUMDes. Satu di antara caranya yakni melalui program CSR.

"Diharapkan dapat mengembangkan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa," kata Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper