Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Instalasi Pengolahan Air Baru di Medan Siap Beroperasi

Saat ini, PDAM Tirtanadi mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Medan sebanyak 7.000 liter/detik dari total kebutuhan masyarakat 11.000 liter/detik.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  19:20 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Denai - Istimewa
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Denai - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN – Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Denai. IPA ini berkapasitas 240 liter/detik dan diharapkan mampu menambah pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung, dan sekitarnya.

IPA Denai merupakan hasil kerja sama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi dengan PT Tirta Nusantara Sukses. Ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui PDAM Tirtanadi untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Air adalah kebutuhan utama masyarakat, maka harus kita penuhi,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, usai meresmikan IPA Denai di Jalan Panglima Denai, Medan, Kamis (27/5/2021).

Saat ini, PDAM Tirtanadi mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Medan sebanyak 7.000 liter/detik dari total kebutuhan masyarakat 11.000 liter/detik. Artinya, masih diperlukan 4.000 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Kota Medan.

“Di tahun depan kita akan berusaha sudah ada yang beroperasi (IPA) kurang lebih kapasitas 300 liter/detik, selanjutnya ada (IPA) yang beroperasi dengan kapasitas 1.100 liter/detik,” ujar Edy.

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi mengatakan, pembangunan IPA Denai bekerja sama dengan pihak swasta yaitu PT Tirta Nusantara Sukses. Pembangunannya dimulai sejak 2018 hingga Maret 2021.

Sebelum adanya instalasi tersebut, menurut Kabir, sejak tahun 1990-an masyarakat di wilayah Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung, dan sekitarnya mendapat pelayanan air yang sangat kecil.

"Tapi Alhamdulillah, pelayanan jauh lebih baik berkat adanya IPA Denai ini,” ungkapnya.

Kabir juga menyampaikan ada beberapa kendala dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Medan. Namun pihaknya terus bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Direktur PT Tirta Nusantara Sukses Sukarman menyampaikan akan terus mendukung program Pemprov Sumut, khususnya dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Untuk itu, Sukarman juga berharap dapat terus menjalin kerja sama dengan PDAM Tirtanadi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top