Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPS I Medan Akui kondisi Perbankan di Sumut Sehat

LPS menyebut sektor perbankan di Sumut berada dalam kondisi sehat, dibuktikan dengan hanya ada dua bank yang dilikuidasi lembaga ini.
Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan Muhamad Yusron (kanan)
Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan Muhamad Yusron (kanan)

Bisnis.com, MEDAN - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyebut sektor perbankan di Sumut berada dalam kondisi sehat, dibuktikan dengan hanya ada dua bank yang dilikuidasi lembaga ini dalam hampir dua dekade beroperasinya.

Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan Muhamad Yusron mengatakan kedua bank itu ialah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusa Galang makmur dan BPR Bina Barumun yang dicabut izin usahanya pada tahun 2017 dan 2021 lalu dengan total simpanan nasabah mereka mencapai Rp12,83 miliar.

"Total rekening nasabah dari kedua BPR yang dilikuidasi LPS itu berjumlah 1.659 rekening dengan simpanan nasabah keduanya mencapai Rp12,83 miliar. Dari jumlah itu, simpanan yang masuk kategori layak bayar sebesar Rp10,45 miliar," kata Yusron di Medan, Kamis (25/4/2024).

Sebagai lembaga penjaminan, Yusron menyebut LPS lantas membayarkan sebesar Rp10,42 miliar dari total simpanan yang 'Layak Bayar' itu kepada nasabah setelah memperhitungkan nilai maksimum penjaminan, yakni maksimal Rp2 miliar per nasabah per bank.

LPS merupakan salah satu lembaga yang berfungsi menjamin simpanan nasabah perbankan. Beroperasi sejak 2025, kelembagaan LPS terus dikuatkan pemerintah. Terakhir, melalui Undang-Undang P2SK.

Dikatakan Yusron, sejak UU P2SK diterbitkan, LPS mengemban kewenangan dan tanggung jawab baru. "Selain fungsi penjaminan dan fungsi memelihara stabilitas sistem perbankan, LPS juga akan menjalankan fungsi atau program penjaminan polis asuransi sesuai dengan kewenangannya," tambahnya.

Guna lebih memperkenalkan fungsi dan wewenang LPS, Yusron mengatakan lembaga penjaminan yang termasuk dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan bersama Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan ini akan membuka kantor perwakilan di sejumlah daerah seperti Makassar, Surabaya, dan Medan.

Kepala Kantor Persiapan Penyelenggaraan Program Restrukturisasi Perbankan dan Hubungan Lembaga LPS Hermawan Setyo Wibowo mengatakan, pembukaan kantor perwakilan di Medan yang membawahi seluruh wilayah di Sumatra ini guna semakin mengoptimalkan peran LPS dalam menjamin stabilitas sistem perbankan.

“Kehadiran LPS di berbagai daerah juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai program penjaminan, baik perbankan maupun asuransi. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan semakin bertambah,” ujar Hermawan. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler