Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mei 2020, Hanya Seorang Turis Asing yang Plesiran di Sumut

Pandemi Covid-19 memukul industri pariwisata terutama di Sumatra Utara. Hal ini salah satunya tercermin dari jumlah kunjungan wisawatan yang terus turun.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  16:47 WIB
Danau Toba dilihat dari Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan. JIBI - Nancy Junita
Danau Toba dilihat dari Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan. JIBI - Nancy Junita

Bisnis.com, MEDAN - Pandemi Covid-19 memukul industri pariwisata terutama di Sumatra Utara. Hal ini salah satunya tercermin dari jumlah kunjungan wisawatan yang terus turun.

Berdasarkan data BPS, jumlah wisman yang berkunjung di Sumatra Utara melalui 4 pintu masuk pada Mei 2020 hanya 1 kunjungan. Kunjungan tersebut berasal dari wisman Amerika Serikat. Jumlah kunjungan itu turun 94,12% dibandingkan dengan April 2020 yaitu 17 kunjungan.

Jumlah kunjungan wisman pada bulan tersebut turun 99,99% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Kunjungan wisman pada Mei 2019 mencapai 16.184 orang menjadi hanya satu orang  pada Mei 2020.

Adapun, tingkat penghunian kamar hotel berbintang di Sumut pada Mei 2020 mencapai 13,82%, naik 1,89 poin dibandingkan dengan April 2020 sebesar 11,93%. Rata-rata lama menginap tamu asing dan tamu Indonesia di hotel berbintang pada bulan tersebut mencapai 1,91 hari atau naik 0,16 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menyampaikan pemprov terus membahas upaya pemulihan pariwisata di Sumatra Utara bersama dengan pemerintah kabupaten dan kota. Pemprov juga akan memfasilitasi kemudahan bagi para pelaku industri pariwisata.

Lebih lanjut, Edy menekankan penerapan protokol kesehatan pada destinasi wisata ketika kembali dibuka. "Hingga saat ini saya terus berpikir bagaimana agar pelaku pariwisata tidak terpuruk. Kami terus lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait," katanya dalam keterangan resmi.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetya optimistis ada angin baru untuk pariwisata di Danau Toba. Sebab, pembangunan di kawasan wisata Danau Toba terus berjalan.

Dia mencontohkan pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Pematangsiantar ditargetkan selesai pada akhir 2020. Selanjutnya, ada pembangunan pelabuhan Ajibata, Tigaras, dan Simanindo hingga pembangunan jalan lingkar Samosir yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

"Kedatangan wisatawan ke Sumut memang menurun, tapi saya optimis karena pembangunan infrastruktur terus berjalan," katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut inflasi sumut ekonomi sumut
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top