Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Covid-19, Jangan Lepas Masker Walau Kurang Nyaman

Masyarakat diimbau untuk terus menggunakan masker saat berada di luar rumah. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona penyebab Covid-19.
Gubernur Sumsel Herman Deru mengenakan masker produksi UMKM di daerah itu./Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru mengenakan masker produksi UMKM di daerah itu./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Masyarakat diimbau untuk terus menggunakan masker saat berada di luar rumah. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona penyebab Covid-19. 

Imbauan untuk tetap menggunakan masker itu disampaikan Gugus Tugas Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatra Selatan.

"Memang rasanya tidak nyaman jika harus dipakai seharian, tapi itulah cara yang paling aman, silakan pilih mau nyaman atau aman," kata Yusri, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel di Palembang, Sabtu (30/5/2020).

Gugus Tugas mengamati masih ada masyarakat yang tidak memakai masker di tempat-tempat keramaian, padahal sudah diingatkan dan ada ancaman sanksi. Sikap abai tersebut membahayakan orang lain dan orang itu sendiri.

Mobilitas orang tanpa gejala (OTG) yang tidak terpantau memungkinkan penularan COVID-19 melalui hdung dan mulut sudah meluas tanpa bisa dirasakan secara klinis.

Menurut Yusri, penggunaan masker ditambah langkah mencuci tangan seyogyanya terus dilakuan dan menjaga jarak harus menjadi kebutuhan mendesak selama kasus Covid-19 di Sumsel belum menunjukan penurunan. Hal itu diharapkan menjadi kebiasaan sehari-hari masyarakat meski kasus virus virus Corona nantinya sudah turun.

Kasus positif Covid-19 di Sumatra Selatan masih bertambah. Pada Sabtu tercatat 10 kasus positif, dengan perincian terdapat enam kasus positif di Ogan Ilir, tiga di Prabumulih, dan satu di Palembang.

"Total orang positif Covid-19 di Sumsel menjadi 963, sedangkan untuk kasus sembuh ada 194 orang, dan kasus meninggal 31 orang," ujar Yusri.

Jika dilihat dari data tiga hari terakhir, kata Yusri, kasus sembuh menunjukkan tren peningkatan, sedangkan kasus positif dan meninggal tampak menurun.

Hanya saja diakui Yusri, data kasus di Sumsel cenderung fluktuatif. Orang-orang positif Covid-19 bisa saja bertambah banyak jika masyarakat tidak disiplin menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan memperkuat imunitas tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper