Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hingga April 2024, Tajak Sumur Migas di Riau Sudah Mencapai 24%

Hingga saat ini 128 sumur migas yang ada di wilayah Riau sudah ditajak, atau sebesar 24% dari seluruh target tajak sumur migas tahun ini.
Platform migas lepas pantai./SKK Migas
Platform migas lepas pantai./SKK Migas

Bisnis.com, PEKANBARU -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) menyatakan hingga saat ini 128 sumur migas yang ada di wilayah Riau sudah ditajak, atau sebesar 24% dari seluruh target tajak sumur migas tahun ini.

Kepala SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan di Riau saat ini memiliki total 14 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi, baik dalam tahapan eksplorasi dan tahapan eksploitasi. Hal ini disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan Pemprov Riau yang dihadiri langsung Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto.

"Jadi pada tahapan eksplorasi ini masih berada dalam fase mencari minyak dalam kondisi yang belum menghasilkan, sedangkan tahapan eksploitasi adalah tahapan yang sudah berproduksi dan memberikan nilai manfaat bagi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten," ungkapnya, Jumat (26/4/2024).

Dia menyebutkan Riau hingga kini masih mendapatkan target investasi terbesar dari sektor hulu migas di Tanah Air. Dari seluruh rangkaian kegiatan hulu migas nasional, pihaknya mencatat terdapat 990 sumur yang akan dibor atau ditajak.

Dari jumlah itu, 636 sumurnya berada di Provinsi Riau baik eksplorasi maupun eksploitasi, dan sudah ditajak 128 sumur atau sekitar 24% dari kegiatan.

Rikky mengakui pihaknya berkomitmen melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan seluruh mitra kerja yang melaksanakan investasi, yang tugas utamanya mencari minyak dan memproduksinya.

"Tentunya seperti sudah dipahami bahwa minyak ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan nasional dan memberikan ketahanan energi bagi kita semua," ujarnya.

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto menyatakan dukungannya terhadap rencana kerja yang disampaikan SKK Migas. Pihaknya juga berkomitmen untuk mempermudah dan memperlancar pelaksanannya di lapangan.

"Untuk beberapa kendala yang ada di lapangan, tentunya kami akan bantu untuk menyelesaikan, Karena sudah menjadi komitmen kami di Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah daerah untuk sudah memberikan dukungan penuh," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper