Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Toba Samosir Berganti Nama Menjadi Toba

Kabupaten Toba Samosir resmi berganti nama menjadi Kabupaten Toba. Ini setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba di Provinsi Sumatra Utara, dikutip dari laman resmi Setkab pada Minggu (8/3/2020).
Bupati Toba Darwin Siagian/Istimewa
Bupati Toba Darwin Siagian/Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Kabupaten Toba Samosir resmi berganti nama menjadi Kabupaten Toba. Ini setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba di Provinsi Sumatra Utara, dikutip dari laman resmi Setkab pada Minggu (8/3/2020).

Pasal 1 menyebutkan, nama Kabupaten Toba Samosir sebagai daerah otonom dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara diubah menjadi Kabupaten Toba.

Adapun, penyesuaian administratif perubahan nama dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama satu tahun terhitung sejak Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku, sesuai dengan Pasal 2. PP ini mulai berlaku sejak yang diundangkan yakni pada 26 Februari 2020.

Pemerintah Daerah Kabupaten Toba bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Toba melakukan sosialisasi perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba, sesuai pasal 3.

Lebih lanjut, pendanaan yang diperlukan untuk pelaksanaan perubahan nama dari Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Toba Samosir, sesuai dengan pasal 4.

Dalam laman resmi Kabupaten Toba Samoris yang dikutip pada Minggu (8/3/2020), Bupati Toba Darwin Siagian mengatakan sejumlah kegiatan bakal digelar untuk memeriahkan HUT Kabupaten Toba ke-21, sekaligus sosialisasi perubahan nama kabupaten.

Kegiatan akan digelar pada 9-14 Maret 2020, seperti pameran pembangunan, perlombaan antar pelajar, dan hiburan rakyat.

"Pada 9 Maret, diadakan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Toba Samori di Gedung DPRD Kabupaten Toba Samosir dengan mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Menteri Dalam Negeri," teranganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper