Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! Dua Paslon Bertarung di Pilgub Sumbar 2024

KPU Sumbar menetapkan Mahyeldi - Vasko Ruseimy, dan Epyardi Asda - Ekos Albar sebagai peserta pada Pilkada Serentak 2024.
Petugas melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024./Bisnis-Himawan L Nugraha.
Petugas melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024./Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah menetapkan dua pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar sebagai peserta pada Pilkada Serentak 2024. Dua paslon yang ditetapkan itu yakini Mahyeldi - Vasko Ruseimy, dan Epyardi Asda - Ekos Albar.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Ory Sativa Syakban mengatakan setelah ditetapkannya sebagai paslon, tahapan selanjutnya akan dilaksanakan pengundian nomor urut paslon yang akan digelar Senin siang tanggal 23 September 2024 di Padang.

"Jadi Senin (23/9) besok akan dilaksanakan pengundian nomor urut paslonnya," tegas Ory, Minggu (22/9/2024)

Dia menyebutkan dengan telah ditetapkannya paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, KPU meminta kepada paslon untuk menyerahkan ke KPU Sumbar, Bawaslu Sumbar dan Polda Sumbar Susunan Tim Kampanye tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota hingga kecamatan, Tim Relawan, serta Izin Cuti Di Luar Tanggungan Negara sebelum Pelaksanaan Kampanye dimulai.

Kemudian untuk pihak gabungan parpol pengusul bersama Paslon juga diwajibkan membuka Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) atas Nama Pasangan Calon dan menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) paling lambat tanggal 24 September mendatang, sehari sebelum kampanye dilaksanakan.

"Ketentuan penyerahan struktur tim kampanye, tim relawan, Pembuatan RKDK dan penyampaian LADK juga berlaku bagi seluruh calon bupati dan wakil bupati dan calon walikota dan wakil wali kota yang telah ditetapkan KPU Kab Kota, termasuk izin cuti di luar tanggungan negara bagi kepala daerah yang incumbent," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Pilkada Serentak 2024 ini, paslon Mahyeldi - Vasko Ruseimy didaftarkan oleh lima gabungan partai politik, yakni PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PBB dan Perindo dengan jumlah gabungan suara sah hasil pemilu anggota DPRD Sumbar tahun 2024 sebanyak 1.200.925 suara.

Selanjutnya paslon Epyardi Asda - Ekos Albar diusulkan oleh enam gabungan partai politik, yakni PAN, Partai Golkar, Partai Nasdem, PDI Perjuangan, Partai Gelora dan Partai Buruh, dengan jumlah akumulasi suara sah dukungan sebanyak 1.241.170 suara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper