Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024 Resmi Dibuka Kepala BP Batam

Kejurnas ini berlangsung dari 20-30 Juni di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.
Kejurnas Road Race & Mountain Bike 2024 di Batam resmi dibuka Kepala BP Batam. /BP Batam
Kejurnas Road Race & Mountain Bike 2024 di Batam resmi dibuka Kepala BP Batam. /BP Batam

Bisnis.com, BATAM - Kepala BP Batam/Wali Kota Batam Muhammad Rudi resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Road Race and Mountain Bike 2024 di Nuvasa Bay, Kamis (20/6/2024).

Ia menyambut positif kegiatan ini karena akan berdampak positif pada sektor pariwisata di Batam.

Kejurnas ini berlangsung dari 20-30 Juni di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Rudi membuka acara ini bersama dengan Luhur Dewantoro selaku Tenaga Ahli Menteri mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga; Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) juga sebagai Senior Vice President Asian Cycling Confederation (ACC) dan ASEAN Cycling Federation Advisor; Jadi Rajagukguk selaku Ketua Kadin Batam juga sebagai Exco NOC Indonesia; serta Jajaran Forkopimda Kota Batam. 

Pembukaan simbolis dilakukan dengan pelepasan peserta Road Race Individual Time Trial (ITT) kategori Women Under 23, dengan menggunakan bendera.

Rudi menyambut dengan hangat event olahraga nasional dapat digelar di Batam. "Saya sangat berterima kasih Kejurnas ini dilaksanakan di Batam. Kami siap untuk membantu semua kegiatan nasional yang ada di kota ini," katanya.

Rudi optimis event sport tourism seperti ini dapat terus terselenggara di Batam. Dengan kondisi infrastruktur Batam yang mumpuni saat ini, maka iven nasional dapat secara rutin diselenggarakan di Batam dengan aman dan nyaman.

"Kami terus mengembangkan infrastruktur Batam. Mulai dari jalan dengan enam lajur, kemudian pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim yang akan mampu menampung 2 juta orang penumpang. Sehingga event besar dapat kita sukseskan di Batam," paparnya.

Ia pun menjabarkan sejumlah proyek yang tengah dibangun, dan akan semakin menyolek Batam menjadi salah satu kota terindah di Indonesia.

"Sehingga kami mengajak ayok buat event di Batam. Jalan sudah bagus, infrastruktur modern, semua fasilitas ada, jika event nasional dan internasional masuk, maka investasi pun bisa masuk. Selamat menikmati pesona Batam kota baru," ungkapnya.

Senada dengan Rudi, Raja Sapta Oktohari mengatakan Batam adalah kota terbaik dan paling tepat bagi penyelenggaraan kejurnas.

"Secara geografis dan infrastruktur, Batam sangat bagus untuk event dan kejuaraan tidak hanya nasional bahkan internasional. Saya yakin Ini bukan yang terakhir, ini hanya permulaan, bukan hanya balap sepeda, cabor lain harus dilakukan di Batam," katanya.

Pihaknya pun mengapresiasi dukungan penuh dari Rudi, yang juga merupakan Ketua Umum PB ISSI Kepri.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Luhur Dewantono mengatakan Menpora sangat mendukung segala bentuk event kejuaraan dan pembinaan yang dilakukan di daerah.

"Mewakili Bapak Menpora kami sangat mendukung pembinaan dan turnamen olahraga nasional yang kali ini di Batam dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerahnya," katanya.

Adapun kejurnas balap sepeda ini yakni road race digelar pada 20-24 Juni 2024. Untuk road bike, nomor yang dilombakan adalah Individual Time Trial (ITT), Team Time Trial (TTT) Criterium dan Road Race (IRR). Arenanya adalah Nongsa Loops.

Sementara, Mountain Bike (MTB) digelar 25-30 Juni 2024. Peserta MTB akan melewati rute dengan arena di Mangsang Bike Park, Tanjung Piayu, Sungai Beduk. Nomor yang diperlombakan adalah Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Relay (XCR), Down Hill (DH dan Enduro (End).

Selain Jajaran Forkopimda Kota Batam; hadir pula satu-satunya pembalap sepeda Indonesia dan Asia Tenggara yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 disiplin trek Omnium Putra, bernama Bernard van Aert.

Ia juga merupakan putra bangsa yang berhasil meraih ranking 20 dunia. Usai dari Batam, ia akan bersiap menuju menuju Italia untuk Olimpiade Paris 2024. (K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper