Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sport Tourism: Gapki Sumut Gelar Maraton di Kebun Sawit Berhadiah Rp500 Juta

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) cabang Sumatra Utara (Sumut) bakal menggelar kembali olahraga maraton di kebun sawit pada Sabtu 25 November.
Oil Palm Marathon 2023
Oil Palm Marathon 2023

Bisnis.com, MEDAN – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) cabang Sumatra Utara (Sumut) bakal menggelar kembali olahraga maraton di kebun sawit pada Sabtu 25 November mendatang.

Oil Palm Marathon 2023 yang bertajuk “Run for Sustainable Oil Palm” ini merupakan agenda tahunan Gapki sejak 2019 bersama stakeholders di industri sawit sebagai bentuk kampanye positif akan komoditas unggulan Indonesia ini, khususnya di Sumut.

“Selama ini industri sawit kita selalu diterpa isu miring, terutama soal lingkungan. Perkebunan sawit kita dinarasikan sebagai penyumbang emisi, polusi, hingga pemicu pemanasan global,” kata Ketua Gapki Sumut Timbas Prasad Ginting kepada Bisnis, Senin (20/11/2023).

Timbas mengatakan, Oil Palm Marathon atau lari maraton di kebun sawit ini bermaksud menunjukkan kepada para peserta terkait tata kelola perkebunan sawit yang selama ini telah dijalankan sesuai prinsip berkelanjutan.

Timbas juga menyebut lari maraton berskala internasional ini sebagai model baru sport tourism di mana peserta yang sebagian besar merupakan masyarakat umum dapat menikmati bentang alam sembari berolahraga.

“Kami ingin para peserta melihat dan merasakan sensasi berlari di perkebunan sawit kita yang dipenuhi oleh pohon-pohon sawit yang usianya bisa mencapai 25 tahun sebelum harus diremajakan kembali. Ini sekaligus untuk menangkis kampanye-kampanye negatif yang menyebut perkebunan sawit merusak lingkungan,” papar Timbas.

Oil Palm Marathon 2023 merupakan lari maraton ketiga yang digelar Gapki terhitung sejak 2019 dan 2022.

Tahun ini, Oil Palm Marathon akan dihelat di kawasan perkebunan Bangun Bandar yang merupakan kebun milik PT Socfin Indonesia di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut pada Sabtu, 25 November 2023.

Ada beberapa kategori jarak maraton yang dapat dipilih peserta mulai dari kategori jarak 5K, 10K, 20K, hingga 42K. 

Sejauh ini GAPKI mencatat telah ada 17 peserta dari luar negeri yang mendaftar Oil Palm Marathon 2023, 15 diantaranya berasal dari Kenya dan 2 lagi dari Malaysia.

Gapki sendiri menargetkan sebanyak 1.500 peserta dari berbagai usia dan elemen bergabung dalam Oil Palm Marathon ketiga yang memperebutkan hadiah total Rp500 juta ini. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper