Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sport Tourism Batam Digadang-Gadang Gaet Lebih Banyak Wisatawan

Batam terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam. Salah satunya lewat iven golf bertajuk Batam Golf Beyond Tournament.
Salah satu objek wisata di Batam, Taman Rusa Sekupang./Bisnis-Rifki
Salah satu objek wisata di Batam, Taman Rusa Sekupang./Bisnis-Rifki

Bisnis.com, BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam. Salah satunya lewat event golf bertajuk Batam Golf Beyond Tournament.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan tahun ini pihaknya ingin menjadikan sport tourism untuk menarik minat wisman ke Batam.

“Batam Golf Beyond Tournament menargetkan 300 atlet mencanegara di antaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Korea, hingga sejumlah negara di Eropa,” katanya.

Ia optimistis event ini mampu menghidupkan dunia sport tourism, apalagi mengingat Batam menjadi daerah tujuan wisata bagi golfer.

"Batam punya lapangan golf terbaik, dan untuk acara ini rencana bakal digeral di Palm Springs Country Club dan Batam Island Country Club," ujarnya.

Sebagai informasi, Batam Golf Beyond Tournament bakal digelar Oktober 2024 dan terbuka untuk umum. "Semoga event ini menjadi daya tarik bagi Batam. Amenitas, aksesibilitas, dan atraksi sudah memadai dan menjadi magnet kunjungan wisman ke Batam," katanya.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Batam menunjukkan jumlah wisman yang berkunjung ke Batam selama bulan Februari 2024 tercatat sebanyak 112.687 kunjungan. 

Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 43,08% jika dibandingkan dengan jumlah wisman bulan sebelumnya, dimana jumlah kunjungan wisman pada bulan Januari 2024 sebanyak 78.759 kunjungan.

"Wisman yang berkunjung ke Batam pada bulan Februari 2024 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura mencapai 50,97% dari total jumlah wisman selama Februari 2024," ujarnya.

Pada bulan Februari 2024, jumlah kunjungan wisman berkebangsaan Singapura ke Kota Batam sebanyak 57.434 kunjungan. Sementara itu, kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 22.639 kunjungan, India sebanyak 4.901 kunjungan, China sebanyak 3.965 kunjungan, Philipina sebanyak 2.269, Australia sebanyak 751 kunjungan, Inggris sebanyak 914 kunjungan, Amerika Serikat sebanyak 860 kunjungan, Jepang sebanyak 906 kunjungan, Jerman sebanyak 321 kunjungan.

"Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam tercatat wisman berkebangsaan India mengalami peningkatan signifikan jumlah kunjungan pada Februari 2024 sebesar 121,46% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya," katanya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper