Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Gelar Paritrana Award 2024 di Sumsel

Paritrana award merupakan ajang penghargaan yang ditunjukkan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan perlindungan pekerja terutama para pekerja rentan.
Penyerahan Penganugerahan Paritrana Award 2024 Provinsi Sumatra Selatan di Hotel Aryaduta, Palembang./Bisnis-Husnul Iga Puspita.
Penyerahan Penganugerahan Paritrana Award 2024 Provinsi Sumatra Selatan di Hotel Aryaduta, Palembang./Bisnis-Husnul Iga Puspita.

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggandeng Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan kembali menggelar Paritrana Award 2024 sebagai bentuk apresiasi sekaligus dorongan dalam meningkatkan perlindungan pekerja di wilayah tersebut.

Kepala Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) Muhyidin menerangkan paritrana award merupakan ajang penghargaan yang ditunjukkan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan baik dari pemerintah daerah, perusahaan maupun para pelaku usaha dalam melindungi pekerja terutama para pekerja rentan.

“Paritrana Award 2024 ini merupakan ajang ajang penghargaan yang diberikan oleh Presiden kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan pelaku usaha yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya dalam Paritrana Award 2024 di Palembang.

Tidak hanya itu, imbuhnya, penghargaan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja serta mencegah adanya angka kemiskinan baru akibat resiko kerja yang dihadapi.

Adapun resiko yang dimaksud diantaranya kecelakaan kerja, hari tua, dan juga meninggal dunia. Oleh karena itu dengan adanya jaminan sosial ini para pekerja tidak perlu khawatir dalam bekerja karena akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Dan untuk mewujudkan itu (kepesertaan) diperlukan dukungan dari pemerintah, asosiasi pekerja, serikat buruh dan stakeholder lainnya," jelasnya.

Sementara untuk jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Sumatra Selatan, kata Muhyidin, hingga ini kurang lebih telah mencapai 1,1 juta pekerja baik dari sektor formal maupun non formal.

Untuk terus meningkatkan para pekerja terlindungi pihaknya juga akan menyasar di semua sektor pekerjaan seperti, misalnya, di kalangan pedagang maupun pekerja di sektor non formal lainnya.

“Kita juga ingin ekosistem desa terlindungi BPJS Ketenagakerjaan,” sambungnya.

Penjabat Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berharap ajang Paritrana Award 2024 ini dapat memacu kepatuhan dan kepedulian para pemberi kerja dalam memberikan perlindungan bagi pekerja rentan di lingkungan sekitar.

“Ini perlu menjadi perhatian bersama untuk memberikan perlindungan para pekerja,” ungkapnya.

Bersamaan dengan itu sebagai upaya mendorong peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Sumsel, Fatoni secara resmi mencanangkan program Gerakan Perlindungan Pekerja Rentan Serentak se Sumsel atau GPPRSS.

“Kita sudah diskusikan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan menetapkan sejumlah strategi untuk mengoptimalkan salah satunya dengan kegiatan yang serentak,” pungkasnya.

Adapun daftar pemenang Paritrana Award 2024 dari masing-masing kategori yakni sebagai berikut.

Kategori Pemerintah Daerah

Musi Banyuasin
Musi Rawas
OKU Selatan

Kategori Badan Usaha Sektor Keuangan

Bank Sumsel Babel
BPR Sumsel
BPR Gebang Serasan Muara Enim

Kategori Badan Usaha Sektor Perdagangan dan Jasa

PT Satria Bahana Sarana
Fam Vida Hotel

Kategori Badan Usaha Sektor Pertambangan, Manufaktur dan Konstruksi

PT Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper
PT Semen Baturaja

Kategori Badan Usaha Sektor Peternakan Perkebunan dan Perikanan

SBA Wood Industries
PT Perkebunan Minanga Ogan
PT Bumi Sawindo Permai

Kategori Badan Usaha Sektor Pendidikan

Universitas Bina Insan
Yayasan Cahaya Maitreya

Kategori Pemerintah Desa atau Kelurahan

Desa Epil (Lais)
Desa Bailangu (Sekayu)
Desa Karang Raja

Kategori Badan Usaha Skala Kecil dan Mikro

Cantik Manis – Lubuk Linggau
Marseli Food and Snack

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper