Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Sekayu Muba Raih Anugerah Adipura ke-14 Kali

Gelar Sekayu sebagai kota terbersih tidak lepas dari peran masyarakat yang memiliki perilaku tertib.
Kota Sekayu Muba raih Adipura ke-14 kali
Kota Sekayu Muba raih Adipura ke-14 kali

Bisnis.com, PALEMBANG – Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan kembali menyabet penghargaan ke-14 sebagai kota kecil terbersih se-Indonesia dalam Anugerah Adipura tahun 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi Mahmud diwakili Asisten II Andi WIjaya Busroh mengatakan penilaian Kota Sekayu dimulai berdasarkan indikator keadaan fisik lingkungan perkotaan meliputi kebersihan, keteduhan kota dan pengendalian pencemaran. 

“Komponen kriteria penilaian berkaitan dengan pengelolaan sampah dan ruang hijau, pengendalian pencemaran udara dan pencemaran air," kata Andi dalam penyerahaan penghargaan Anugerah Adipura 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024). 

Dia menjelaskan, komponen pemantauan dilakukan di beberapa titik atau lokasi meliputi perumahan, fasilitas perkotaan, transportasi, perairan terbuka, sanitasi dan pantai wisata. 

"Upaya-upaya pengelolaan sampah yang kita lakukan selama ini mendapat apresiasi dari pemerintah sehingga mendapatkan Adipura. Pengelolaan sampah dilakukan oleh masyarakat atau kelompok misalnya gotong royong kebersihan,   bank sampah, pemilahan sampah dan lainnya .Sedangkan penangan sampah dilakukan pemerintah mulai proses pengumpulan dan pengangkutan sampah," bebernya. 

Di lain sisi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulfakar mengatakan gelar Sekayu sebagai kota terbersih tidak lepas dari peran masyarakat yang memiliki perilaku tertib. 

"Ya, dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan khususnya persampahan dan penghijauan  kota," ujarnya. 

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Sekayu dan Kabupaten Muba untuk terus menggalakkan kegiatan bersih-bersih lingkungan, sejalan dengan program yang telah dibuat. 

“Seperti program Jumat bersih terus dijalankan bersama-sama secara berkelanjutan,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler