Daftar 11 Perusahaan di Sumut yang Melantai di Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatra utara (Sumut) mencatat saat ini telah ada 11 perusahaan dari Sumut yang melantai di BEI.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023)./Bisnis-Himawan L Nugraha.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023)./Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, MEDAN — Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatra utara (Sumut) mencatat saat ini telah ada 11 perusahaan dari Sumut yang melantai di BEI

Muhammad Pintor Nasution, Kepala Kantor Perwakilan BEI Sumut mengatakan, ke 11 perusahaan yang telah melakukan IPO (initial public offering) itu bergerak di berbagai sektor. "Bermacam-macam [sektornya]. Ada rumah sakit dan perusahaan sawit juga," terangnya kepada Bisnis hari ini.

Pintor mengatakan, Sumut memiliki banyak perusahaan yang berpotensi untuk IPO. Survei BEI tahun 2010 lalu saja menyebut sudah 44 perusahaan yang bisa masuk bursa.

Namun, lanjutnya, banyak faktor yang membuat sampai saat ini baru ada 11 perusahaan di Sumut yang mau melepas sahamnya ke publik. Selain kesiapan internal, kata Pintor, situasi ekonomi saat ini juga berpengaruh. 

Pintor mengakui, BEI Sumut saat ini sedang dalam tahap komunikasi one-on-one dengan beberapa perusahaan yang tertarik untuk IPO. 

"Kami sering melakukan sosialisasi terkait IPO ke perusahaan-perusahaan. Saat ini, ada 10 perusahaan yang tertarik untuk IPO setelah melihat perusahaan sejenis melantai lebih dulu. Tapi proses ini tidak bisa sebentar," ujarnya. 

Pintor mengatakan, selama ini waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan di Sumut untuk sampai IPO rata-rata mencapai 5 tahun.

"Semua bergantung dari kesiapan perusahaan dan situasi kondisi tadi, " pungkasnya. 

Berikut ke 11 perusahaan yang sudah go-public (terbuka) di Sumut berdasarkan sektornya:

1. Rumah Sakit/ Layanan Kesehatan: PT Royal Prima Tbk (PRIM) dan PT Murni Sadar Tbk (MTMH)

2. Perbankan: PT Bank Mestika Dharma Tbk (BBMD) 

3. Furniture: PT Cahaya Bintang Medan Furniture Tbk (CBMF) 

4. HTI/ Pabrik Kertas: PT Toba Pulp Lestari Tbk (INRU) 

5. Perhotelan: PT Pembangunan Graha Lestari Indah Tbk (PGLI) 

6. Sarung Tangan: PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) 

7. Pembuatan dan Pemasangan Boiler: PT Atmindo Tbk (AMIN) 

8. Perkebunan Kelapa Sawit: PT Sumber Tani Agung Resources Tbk (STAA) dan PT Mahkota Group Tbk (MGRO) 

9. Pengolahan Hasil Laut antara lain produk pasteurisasi, produk beku, produk kaleng, dsb: Toba Surimi Industries Tbk (CRAB). (K68)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper