Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Pemberdayaan Masyarakat, Semen Padang Salurkan Dana TJSL Senilai Rp3 Miliar

Penyaluran dana tersebut bukanlah hal yang pertama kali dilakukan Semen Padang, tapi sudah menjadi kegiatan berkelanjutan.
Pabrik Semen Padang/SemenPadang.co.id
Pabrik Semen Padang/SemenPadang.co.id

Bisnis.com, PADANG - PT Semen Padang yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menyalurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diperuntukan mendukung program pemberdayaan masyarakat senilai Rp3 miliar.

Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengatakan dana Rp3 miliar itu diserahkan melalui Forum Nagari yang tersebar di empat kecamatan di Kota Padang.

"Rp3 miliar itu merupakan bagian dari dana TJSL atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang yang diperuntukan bagi Forum Nagari. Jadi pada tahun 2023 ini kita punya dana sebesar Rp26 miliar yang akan disalurkan nantinya dengan berbagai kegiatan," katanya, Rabu (30/8/2023).

Dia menyebutkan penyaluran dana tersebut bukanlah hal yang pertama kali dilakukan Semen Padang, tapi sudah menjadi kegiatan berkelanjutan. Dimana pada tahun ini, Rp3 miliar tersebut diberikan kepada 12 Forum Nagari yang tersebar di empat kecamatan di Kota Padang. 

Untuk itu, Indrieffouny berharap agar dana Forum Nagari tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam mendukung program-program pemberdayaan masyarakat yang telah disusun oleh masing-masing Forum Nagari.

"Harapan kami kepada pengurus Forum Nagari, jalankan program-program yang ada di Forum Nagari nya, sehingga apa yang diharapkan Semen Padang untuk pembangunan berkelanjutan dalam rangka kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan Semen Padang dapat terwujud," ujarnya.

Di satu sisi, dia menyampaikan bahwa penting adanya dukungan dari masyarakat kepada PT Semen Padang, karena saat ini tengah terjadi ketatnya persaingan industri semen. Ditambah lagi kondisi produksi semen nasional yang sudah over supply.

"Jadi, mohon dukungan dan doanya untuk kemajuan Semen Padang," sebutnya.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Dedi Muhammad Siddiq menambahkan dana Forum Nagari sebesar Rp3 miliar ini diserahkan kepada 12 Forum Nagari, 1 Forum Kecamatan Lubuk Kilangan, dan 1 Forum Pemberdayaan Jalur Angkutan Semen (JAS) yang lokasinya berada di kawasan Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan.

Kemudian untuk 12 Forum Nagari, lokasinya tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, 4 kelurahan di Kecamatan Pauh, dan kelurahan di Kecamatan Lubeg. Dalam pelaksanaan setiap program yang ada di Forum Nagari, mengedepankan konsep Basinergi Mambangun Nagari.

Secara teknis, kegiatan Forum Nagari ini juga didampingi oleh Local Community Officer (LCO). Kemudian pengelolaan keuangannya dibantu oleh Lumbung Keuangan Nagari (LKN).

"Untuk setiap kegiatannya juga dievaluasi oleh tim monitoring dan evaluasi (monev) yang semuanya berasal dari unsur masyarakat," katanya.

Forum Nagari ini, sebut Dedi, didirikan sejak 2015 dan forum ini menjadi wadah dalam merumuskan program TJSL perusahaan yang tujuannya untuk mengakomodasi aspirasi dari masyarakat lingkungan perusahaan, dimana semua kegiatannya berdasarkan 4 pilar, yaitu pilar sosial, ekonomi, lingkungan serta hukum dan tata kelola.

Di kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Padang Didi Aryadi mengapresiasi PT semen Padang yang telah memberdayakan masyarakat lingkungan perusahaan melalui Forum Nagari. 

"Ini merupakan TJSL yang bagus dan tentunya dapat mempercepat kemajuan masyarakat. Kalau bergantung kepada APBD, ini sulit dan cukup lama. Makanya, kami apresiasi Semen Padang yang telah membantu Pemko Padang dalam hal percepatan kemajuan masyarakat melalui TJSL-nya berupa Forum Nagari ini," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper