Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penlok Lahan Jalan Tol Trase Betung-Jambi Direvisi, Lebih Hemat Rp2,6 Triliun

Penetapan lokasi (Penlok) lahan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) trase Betung-Jambi sepanjang 21,8 kilometer mengalami revisi pergeseran lahan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG -- Penetapan lokasi (Penlok) lahan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) trase Betung-Jambi sepanjang 21,8 kilometer mengalami revisi pergeseran lahan yang menyebabkan panjangnya bertambah menjadi 23,3 kilometer.

Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Darma Budhy menjelaskan revisi itu dilakukan lantaran pada penetapan trase awal berada di lahan pertambangan.

"Secara teknis dari hasil kajian memang ada penambahan panjang mencapai 1,5 kilometer," kata Budhy, Rabu (14/6/2023).

Tetapi, jika dilihat dari sisi timbunan mengalami penyusutan dimana timbunan pada trase awal 12,8 juta meter perkubik, sementara di trase kedua hanya 3,5 juta meter per kubik.

"Karena di lahan pertambangan itu ada konstruksi tertentu yang tidak boleh ada galian karena melindungi batu bara yang tidak terekspos," jelasnya.

Selain itu, secara ekonomis, konstruksi pada trase baru ini juga dinilai lebih efektif dan optimal.

Dimana sebelumnya dana yang dianggarkan adalah sebesar Rp5,7 triliun dan pada revisi diperkirakan hanya menghabiskan dana sebesar Rp3,1 triliun.

Akan tetapi, imbuhnya, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) selaku pihak yang melakukan Penlok mengajukan persyaratan berupa pengeluaran pendapat hukum atau legal opinion.

Hal itu, untuk memastikan langkah yang dilakukan kedepan tidak termasuk dalam pelanggaran hukum.

"Itu kan pihak Muba minta secara tertulis (legal opinion) jadi semua pihak tadi sudah sepakat akan menyelesaikan secepatnya," sambung Budhy.

Sementara untuk target, tambahnya, pihak Staf Presiden telah menetapkan target penyelesaian proyek tersebut pada Oktober tahun 2024. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper