Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHRI Sumsel Sebut Okupansi Hotel Kuartal I Masih Stabil

Hingga kuartal I (Januari-Maret) tahun 2023 ini, okupansi hotel di Sumsel masih sangat stabil yaitu di kisaran 60 sampai 70 persen. 
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Kurmin Halim mengatakan okupansi hotel di bulan puasa ini di antara 40 sampai dengan 60 persen. 

Halim memprediksi angka tersebut akan terus mengalami kenaikan menjelang momen Idulfitri dan juga libur bersama. 

“Biasanya ada kenaikan itu kalau sudah tiga hari sebelum lebaran sampai sepuluh hari setelahnya,” terang Kurmin pada Bisnis, Selasa (4/4/2023).

Menurutnya, hingga kuartal I (Januari-Maret) tahun 2023 ini, okupansi hotel di Sumsel masih sangat stabil yaitu di kisaran 60 sampai 70 persen. 

Kurmin menilai, setiap hotel memiliki strategi tersendiri yang digunakan untuk meningkatkan okupansi pada momen libur bersama nanti. 

“Hotel pasti sudah punya strategi market untuk bisa mengkerek kenaikan tingkat okupansi,” sambungnya. 

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) periode Februari 2023 mengalami kenaikan sebesar 5,33 poin (month to month). 

Kepala BPS Sumsel Zulkipli mengatakan, hal itu lantaran pada bulan Februari sebelum memasuki Ramadan, banyak kegiatan dari pemerintahan dan juga perusahaan yang berlangsung di hotel. 

Sementara untuk TPK pada hotel non bintang di bulan Februari 2023 tercatat sebesar 20,44 persen. “Rata-rata tamu menginap di hotel bintang itu di angka 1,42 hari atau naik 0,04 poin dari bulan Januari,” jelasnya Zulkipli. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper