Warga Muba Dapat Kado 2.500 Sambungan Jargas dari PGN

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba menyebut bahwa masyarakat di kabupaten itu mendapat kado istimewa dalam peringatan HUT Muba ke-66.
Penandatangan kesepakatan bersama antara PT PGN Tbk dengan Pemkab Muba terkait penambahan pembangunan jaringan gas./Istimewa
Penandatangan kesepakatan bersama antara PT PGN Tbk dengan Pemkab Muba terkait penambahan pembangunan jaringan gas./Istimewa

Bisnis.com, MUSI BANYUASIN — Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba menyebut masyarakat di kabupaten itu mendapat kado istimewa dalam peringatan HUT Muba ke-66, yakni jaringan gas untuk rumah tangga.

Diketahui, PT PGN Tbk, subholding Gas Pertamina, mengalokasikan sebanyak 2.500 sambungan jaringan gas (jargas) untuk masyarakat di Kota Sekayu, Kabupaten Muba.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara PGN dengan Pj Bupati Muba Apriyadi usai pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muba Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Muba ke-66 Tahun 2022 di Gedung DPRD Kabupaten Muba, Rabu (28/9/2022). 

"Alhamdulillah kini Muba mendapatkan tambahan sambungan jargas. Tentu ini tidak terlepas dari dukungan PGN serta masyarakat ,” kata Apriyadi.

Dia mengatakan, kehadiran sambungan Jargas ke rumah-rumah warga secara merata tentu dapat menjadi andil menekan angka kemiskinan di kabupaten itu . 

Menurut dia, salah satu titik perhatian penting pihaknya saat ini adalah pengentasan kemiskinan. Dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Muba, termasuk di dalamnya kemiskinan ekstrem, berbagai program pembangunan dan inovasi telah kita luncurkan. Termasuk pula pengembangan jargas untuk warga. 

Berdasarkan data angka kemiskinan Muba semula 16,13 persen pada tahun 2020 kemudian turun menjadi 15,84 persen pada 2021.

"Warga itu kalau dapat sambungan Jargas biaya pemakaiannya lebih murah dan mereka terbantu, dibandingkan membeli gas tabung yang juga sering sulit diperoleh warga," katanya. 

Sementara itu, Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Azis mengatakan pembangunan jargas ditujukan untuk menjamin ketahanan energi dan mempercepat terwujudnya diversifikasi energi.

“Manfaat penghematan biaya energi serta produk yang lebih praktis, aman, dan nyaman akan langsung dirasakan oleh masyarakat Muba,” ujarnya.

Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo menambahkan, Kabupaten Muba sudah mendapatkan kuota pemasangan Jargas SR warga sejak tahun 2017 dengan total sebanyak 6.031 SR.

"Kemudian, pada tahun 2020 mendapatkan 4.385 SR di Sekayu, 2.995 SR di Sungai Lilin, dan 782 SR di Bayung Lencir,pada tahun 2022 ini mendapatkan 2.925 SR di Bayung Lencir yang saat ini dikerjakan di 3 Desa dan 1 Kelurahan," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper