Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Rokot Mentawai Bakal Diresmikan Desember 2022

Bandara Rokot Mentawai ini memiliki panjang 160 meter atau sekitar 43 hektare termasuk lahan parkir
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 23 September 2022  |  19:13 WIB
Bandara Rokot Mentawai Bakal Diresmikan Desember 2022
Ilustrasi - Antara
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menargetkan Bandara Rokot Mentawai bakal diresmikan pada bulan Desember 2022 mendatang.

Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Firdaus mengatakan pembangunan Bandara Rokot Mentawai dapat dikatakan telah hampir selesai.

"Pembangunan perluasan Bandara Rokot Mentawai ini sudah dimulai dari tahun 2021 dan direncanakan selesai bulan Desember 2022 mendatang. Panjang runway 1.600 meter, sebelumnya 800 meter dibangun melalui dana APBN, dengan anggaran sebesar Rp576 miliar," katanya, Jumat (23/9/2022).

Dia menjelaskan bandara tersebut memiliki panjang 160 meter atau sekitar 43 hektare termasuk lahan parkir. Keberadaan Bandara Rokot Mentawai ini akan menunjang kemajuan pariwisata Mentawai.

Gubernur Sumbar Mahyeldi sebelumnya telah menyampaikan bila Bandara Rokot Mentawai beroperasi dipastikan akan memberikan dampak yang besar bagi pariwisata di Mentawai.

"Mentawai ini sudah dikenal oleh wisatawan mancanegera. Transportasi yang digunakan selama ini melalui jalur laut. Tapi bila bandara di Mentawai beroperasi, maka akan memudahkan wisatawan datang ke Mentawai. Tinggal terbang, tiba di Mentawai," ungkapnya.

Mahyeldi berharap hal ini perlu disikapi oleh Pemkab Mentawai seperti menyiapkan sejumlah event-event, sebagai upaya mengundang wisatawan datang ke Mentawai.

Untuk itu, jika bandara di Mentawai itu beroperasi, maka untuk tujuan Padang - Mentawai atau sebaliknya akan lebih cepat.

Diakuinya tidak menutup kemungkinan, pesawat dari daerah lain seperti Jakarta dan Bali bisa langsung ke Mentawai, karena Bandara Rokot Mentawai merupakan bandara untuk penerbangan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar bandara mentawai
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top