Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Sumut Lantik Wali Kota Tanjung Balai dan Pematang Siantar

Gubernur Sumut Lantik Wali Kota Tanjung Balai dan Pematang Siantar dan berpesan untuk fokus mengakselerasi serapan anggaran di daerahnya masing-masing.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  19:55 WIB
Gubernur Sumut Lantik Wali Kota Tanjung Balai dan Pematang Siantar
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani dan Wali Kota Tanjung Balai Waris Tholib di Kota Medan, Senin (22/8/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani dan Wali Kota Tanjung Balai Waris Tholib.

Keduanya dilantik di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Kota Medan, Senin (22/8/2022).

Edy berpesan kepada Susanti dan Waris agar fokus membantu percepatan serapan anggaran di daerah masing-masing. Menurutnya, realisasi serapan anggaran begitu penting karena berpengaruh terhadap tekanan inflasi.

"Inflasi ini ibarat tensi, batasnya 3 persen plus minus 1 persen, lewat dari situ berarti dia tensinya tinggi. Hati-hati, kalau dia plus semakin tinggi, bisa stroke. Kalau minus, bisa masuk kuburan. Inilah inflasi," kata Edy melakukan keterangan resmi, Senin (22/8/2022).

Selain penyerapan anggaran, Edy juga berpesan kepada dua wali kota terlantik supaya tak membuang-buang waktu untuk melakukan konsolidasi dengan jajaran masing-masing.

Di samping itu, Susanti dan Waris diminta agar melaksanakan tata kelola pemerintahan daerah secara baik sesuai aturan yang berlaku, termasuk soal keuangan.

"Sayangi rakyat, cintai rakyat sepenuh hati, konsolidasi, lakukan lobi politik dalam rangka kepentingan rakyat, bukan kepentingan pribadi atau kelompok," kata Edy.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Tanjung Balai yang baru dilantik, Waris Tholib berjanji untuk melanjutkan program pembangunan yang telah berjalan sebelumnya. Di samping itu, dia juga akan melaksanakan pesan Edy untuk mendongkrak realisasi serapan anggaran di kota tersebut.

Adapun, sebelum dilantik, Waris merupakan Wakil Wali Kota Tanjung Balai mendampingi Muhammad Syahrial. Setelah Syahrial terjerat kasus suap, Waris akhirnya diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Tanjung Balai.

"Kami akan terus berupaya, perjalanan proyek masih terus berjalan," kata Waris.

Sementara itu, Susanti Dewayani menyampaikan rasa syukur setelah dilantik menjadi Wali Kota Pematang Siantar. Dia sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas Wali Kota Pematang Siantar setelah Wali Kota Pematang Siantar terpilih, Asner Silalahi meninggal dunia.

"Alhamdulillah, ini hari baik bagi kita masyarakat Siantar memiliki wali kota yang baru, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung," kata Susanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut wali kota anggaran
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top