Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Danau Toba Rally 2022 Dongkrak Okupansi Hotel dan Penjualan Ritel

Selain okupansi hotel, Kejurnas Danau Toba Rally 2022 juga turut mendongkrak omzet para pedagang di daerah tersebut.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  16:16 WIB
Danau Toba Rally 2022 Dongkrak Okupansi Hotel dan Penjualan Ritel
Peserta Kejurnas Danau Toba Rally 2022 di Kabupaten Simalungun, Sumut, yang berlangsung mulai Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN — Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 di kawasan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara (Sumut) berakhir. Selain merangsang geliat olahraga, ajang ini turut memberi dampak positif bagi perekonomian lokal.

Berlangsung selama tiga hari, yakni mulai Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022), kejuaraan reli ini mampu mendongkrak signifikan tingkat okupansi hotel di kawasan Danau Toba. Satu di antaranya tingkat penghunian kamar Hotel Khas Parapat.

Manajer Hotel Khas Parapat, Vander Ambarita, mengatakan okupansi hotel mereka meningkat 75 persen. "Kalau tidak ada event rally ini, okupansi kami biasanya naik sampai 40 persen. Namun karena rally ini, naik okupansi hotel kami naik sampai 75 persen, khususnya di weekend. Bahkan bisa ful," ujar Vander, Senin (8/8/2022).

Keberuntungan juga menghampiri Atsari Hotel Parapat. Tingkat hunian kamar hotelnya meningkat drastis berkat ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022. Dari 44 unit, sebanyak 40 kamar di antaranya kini terisi. Dibandingkan hari biasa, okupansi hotel tersebut meningkat 80 persen saat ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022 berlangsung.

Oleh karena itu, Manager Atsari Hotel Parapat Mike Wijaya Sinaga berharap kegiatan serupa dapat gencar digelar. "Sebagian tamu kita memang ada acara rally. Tapi sebagian lagi memang mereka yang lagi liburan ke Danau Toba," ujar Mike.

Manager Hotel Grand Tamaro Parapat Ridolli Butarbutar, mengatakan tingkat okupansi hotel tersebut meningkat jadi 80 persen tatkala Kejurnas Danau Toba Rally 2022 berlangsung.

"Besar harapan kami dengan adanya kegiatan reli ini animo masyarakat untuk datang ke Danau Toba semakin tinggi, itu hal yang positif bagi industri perhotelan," katanya.

Selain okupansi hotel, Kejurnas Danau Toba Rally 2022 juga turut mendongkrak omzet para pedagang di daerah tersebut.

Menurut Angga, pemilik Rumah Makan Resep Bunda Silaturrahim di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumut, pesanan mereka meningkat hingga 60 persen.

Pesanan paket nasi kota rumah makan itu datang dari berbagai kalangan. Mulai dari instansi pemerintahan hingga para peserta reli. "Banyak juga saya lihat yang makan itu tim dari peserta reli, karena saya kenal mana konsumen lokal dan dari luar," ujar Angga.

Peningkatan omzet ini, lanjut Angga, membuatnya menambah jumlah pekerja di rumah makan tersebut.

"Kalau order meningkat, biasanya kami tambah orang untuk membantu. Jadi selain memberi keuntungan untuk kami, kegiatan ini juga memberi manfaat ke orang lain yang butuh uang tambahan," katanya.

Selain Angga, pedagang lainnya juga merasakan keuntungan yang sama. Antara lain dialami Ayu, pedagang jajaran roti tradisional. Berkat ajang Danau Toba Rally 2022, Ayu mampu mengantongi omzet Rp1 juta per hari.

"Alhamdulilah, efek dari event rally ini pemasukan Rp1 juta per hari, naik mencapai 80 persen. Kami berharap event-event lain bisa hadir di sini biar jualan kami bisa lebih laris," katanya.

Menurut Sautman Siringoringo, pemilik warung Ringo Star, omzet dagangannya meningkat hingga 50 persen selama Danau Toba Rally 2022 berlangsung.

"Lumayan naiknya dari hari biasa. Kami di sini buka 24 jam, banyak pengunjung dan tim peserta reli mampir untuk melihat view Danau Toba sambil minum dan makan mi," katanya.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan, satu di antara tujuan ajang Danau Toba Rally 2022 adalah membangkitkan perekonomian lokal.

"Danau Toba Rally 2022 dan sport tourism lainnya yang dilaksanakan di berbagai daerah di Sumut, seperti Junggle Trail Run di Bukit Lawang, Surfing di Nias, Arung Jeram di Asahan dan lainnya adalah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat setempat," kata Ijeck, sapaan populer Musa Rajekshah.

Ijeck mengatakan, keberhasilan ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022 menjadikan Sumut layak menjadi tuan rumah Asian Pasific Rally Championship (APRC) pada 23-25 September 2022 mendatang.

Di samping itu, kata Ijeck, Sumut juga akan menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) pada tahun depan.

"Dengan adanya kegiatan ini, seluruh wisatawan dari berbagai negara akan datang dan melihat Danau Toba. Sudah pasti akan memberikan dampak ekonomi untuk Sumut," ujar Ijeck.

Seperti diketahui, Kejurnas Danau Toba Rally 2022 berlangsung di Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumut. Ajang ini diikuti total 46 peserta dari berbagai daerah. Termasuk Ijeck.

Pada ajang ini, pereli Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia berhasil menyabet juara satu pada Kategori M1. Untuk Kategori M2 dimenangkan oleh Bintang Bartean dari BRM Motorsport, sedangkan Kategori M3 dijuarai oleh Benny Lautan dari RFT Motorsport.

Sementara itu, Kategori F1 dimenangkan oleh pereli Sunny Boy. Kemudian Kategori F2 dimenangkan Andrew Hutabarat, Kategori F3 dimenangkan oleh Yoseph Suryanto, Kategori R3 dimenangkan Ronny JS dan Kategori J2 dimenangkan Achmad Aldio Oekon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danau toba sumut medan balap mobil
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top