Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menengok Kesiapan Sumsel Sebagai Tuan Rumah Fornas VI

Diikuti oleh 55 Induk Olahraga Nasional (INORGA) dan 10 eksibisi, FORNAS akan dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 1 Juli 2022—7  Juli 2022.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  18:20 WIB
Countdown FORNAS ke-VI 2020 di Jakabaring Sport City, Palembang (18/06/2022). -Bisnis - Sekar Ayu
Countdown FORNAS ke-VI 2020 di Jakabaring Sport City, Palembang (18/06/2022). -Bisnis - Sekar Ayu

Bisnis.comPALEMBANG -- Festival Olahraga Rekreasi Nasional atau Fornas ke-VI kembali hadir pada tahun 2022 dan diadakan di Sumatra Selatan, Palembang dengan Ogan Ilir sebagai tuan rumah. 

Diikuti oleh 55 Induk Olahraga Nasional (INORGA) dan 10 eksibisi, FORNAS akan dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 1 Juli 2022—7  Juli 2022.

Salah satu lokasi besar diadakannya FORNAS ini adalah Jakabaring Sport City. Tempat tersebut sebelumnya merupakan lokasi pertandingan Asian Games 2018, dan kembali digunakan pada acara FORNAS 2022. 

Ada beberapa venue atau tempat yang digunakan dalam acara FORNAS nantidiantaranya Gedung Dempo, GedungRanau, lapangan tembak, venue tenis, lapangan panahan, Stadion Gelora Sriwijaya, dan danginpo.

Sementara itu, persiapan FORNAS Jakabaring hingga kini sudah memasuki tahap hampir selesai yaitu sekitar 80 persen

Artinya, tempat diadakannya FORNAS di Jakabaring sudah dapat dikatakan telah memenuhi syarat dan siap untuk digunakan.

“Kalo kita itu udah hampir 80 persen sudah siap,” jelas Kukuhpengelola venue Jakabaring, kepada Bisnis.com baru-baru ini.

Kukuh menjelaskan bahwa ada sekitar 60 persen, tepatnya 21 cabang olahraga (cabor) FORNAS akan diadakan di Jakabaring Sport City (JSC).

Cabor ini antara lain, Asosiasi Perguruan Pencak Silat Indonesia, Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia, Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia, Yayasan Asma Indoensia, Indonesia Traditional Karate Federation, Perkumpulan Praktisi Yoga Indonesia, Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia, Keluarga Pencak Silat Indonesia, Persatuan Bola Sundul Indonesia, Barisan Atlit Veteran Tenis Indonesia, Perkumpulan Tonnis Seluruh Indonesia, Komunitas Sepeda Tua Indonesia, Kumpulan Street Soccer Indonesia, Aliansi Taijiquan Nasional Indonesia, Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia, Bela Diri Kempo Indonesia, Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia, Persatuan Gate Ball Seuruh Indonesia, Asosiasi BMX Indonesia, dan Komunitas Indonesia Skateboard.

“Total ada 21 Cabang Olahraga di Jakabaring jadi sekitar 60 persen dilombakan di sini,” terangnya.

Dengan didakannya FORNAS ke-VI pada tahun 2022, Kukuh berharap agar acara dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa suatu hambatan dan Palembang serta berbagai Cabor dapat dikenal oleh masyarakat luas. 

Selain itu, dia menerangkan bahwa FORNAS merupakan acara festival yang berbeda dari acara olahraga prestasi lainnya yang punya spesifikasi sendiri dan harus diikuti standarnya, sementara festival tidak sehingga dari apa yang ada hanya dilengkapi dan difasilitasi saja. 

“FORNAS kan festival, artinya apa yang ada kita lengkapi saja, ini beda dari olahraga prestasi. Terus harapan saya untuk acara FORNAS di Palembang ini agar terus sukses dan lancar,” katanya.

Bakal Cetak Sejarah Baru

Sementara itu, Masyarakat Sumsel patut berbangga karena penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI yang digelar di Sumsel 1-7 Juli mendatang segera mencetak sejarah sebagai daerah penyelenggara dengan jumlah peserta kontingen terbanyak. 

Hal itu disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru saat acara Road to FORNAS VI 202, pada Minggu (19/6/22).

 

“FORNAS VI Sumsel akan menjadi sejarah karena atlet yang ikut ini jumlahnya terbanyak dalam penyelenggaraan FORNAS di Indonesia,” ujarnya.

 

Dari 10.000 peserta kontingen yang ditargetkan awal, kini jumlah peserta kontingen yang terdaftar sudah melebih target mencapai lebih dari 11.000 peserta yang berasal dari 34 Provinsi. 

 

Gubernur berharap kesuksesan penyelenggaraan di Sumsel bukan hanya karena sigapnya panitia atau KORMI namun karena keterlibatan masyarakat Sumsel. 

 

Dia meminta masyarakat Sumsel menunjukkan keramahannya kepada para peserta kontingen dan penggiat olahraga rekreasi yang akan datang ke Palembang. 

 

"Jangan sampai mereka pulang membawa oleh-oleh kekecewan atas sambutan kita. Tunjukkan pada mereka meskipun ada budaya yang beda kita bisa terima mereka dengan baik," jelasnya. 

 

Tak hanya itu, meski sebagai tuan rumah menurutnya peserta kontingen asal Sumsel juga harus menunjukkan sportivitas yang tinggi dan tidak menang sendiri. 

 

Oleh karena itu, Herman Deru berkomitmen untuk mengingatkan wasit dan juri agar tetap independen. 

 

Saat ini dikatakannya gegap gembita menyambut FORNAS di segala penjuru mulai terasa. 

 

Karena itu Ia juga tetap mengingatkan agar masyarakat  boleh gembira namun tetap menjaga segala kemungkinan agar terhindar dari Covid 19. 

 

"Gembira boleh tapi jangan terlalu euforia. Segera lengkapi vaksin dan lakukan booster," tambahnya. 

 

 

Demikian juga kepada para pelaku UKM, gubernur berharapa pelaku usaha agar dapat memaksimalkan momen itu sebagai waktu yang pas untuk bangkit dari pandemi. 

 

Geliat ekonomi dikatakannya sudah cukup terlihat. Di mana saat ini hotel-hotel mulai penuh terisi serta pengiriman pempek yang terus meningkat bahkan mencapai11.000 ton per hari. 

 

"Ini waktunya kita menunjukkan kebangkitan ekonomi setelah dua tahun terjadi kontraksi. Ekonomi bangkit, olahraga sukses dan aman sehingga perekonomian Sumsel tetap terjaga," paparnya.

 

Ketua Panitia Pelaksana FORNAS VI Sumsel Achmad Syamsuddin membenarkan bahwa penyelenggaraan FORNAS Sumsel begitu luar biasa. 

 

Dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, 11.000 lebih kontingen yang telah mendaftar merupakan jumlah peserta terbanyak dalam penyelenggaraan FORNAS. (M07)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top