Pekanbaru Bakal Bangun 162 Unit Rumah Layak Huni

Jumlah penerima program sebanyak 162 unit dan masing-masing unit mendapatkan bantuan Rp60 juta, total anggaran Bankeu yang didapatkan mencapai Rp9,7 miliar.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, PEKANBARU — Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Pekanbaru menyatakan mendapatkan kuota sebanyak 162 unit program pembangunan kembali Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemprov Riau tahun ini.

Kepala Bidang Perkim, Dinas Perkim, Suryana, menjelaskan pada program ini, setiap unit rumah akan mendapatkan dana bantuan pembangunan kembali RTLH dengan nilai Rp60 juta.

"Saat ini tahapan program yang telah berjalan yaitu verifikasi lapangan untuk diajukan kepada Pemprov Riau, dimana program ini merupakan anggaran Bantuan Keuangan dari Pemprov," ujarnya Rabu (6/10/2021).

Menurutnya dengan jumlah penerima program sebanyak 162 unit dan masing-masing unit mendapatkan bantuan Rp60 juta, total anggaran Bankeu yang didapatkan mencapai Rp9,7 miliar.

Dia menjelaskan setelah proses verifikasi lapangan ini diselesaikan dan berkas telah diajukan kepada Pemprov, tahapan selanjutnya Pemprov akan mengirimkan pencairan anggaran sebesar 40 persen.

Setelah tahapan itulah, proyek pembangunan kembali RTLH ini akan mulai dilaksanakan Dinas Perkim. Menurutnya ada sejumlah kriteria yang ditetapkan sebelum penerima program ditetapkan. Di antaranya yaitu unit rumah tidak sesuai syarat teknis bangunan, memiliki masalah pencahayaan, masalah konstruksi. Kemudian atap, dinding, serta lantai rumah telah rusak, dan rumah juga punya masalah sanitasi.

"Syarat utamanya rumah yang akan mendapatkan bantuan adalah rumah milik sendiri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper