Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Palembang Targetkan Wisata Air Pulau Kemaro Jadi Andalan 2023

Pemerintah Kota Palembang optimistis wisata air di Kawasan Pulau Kemaro dapat menjadi destinasi andalan di Kota Palembang pada tahun 2023.
Tim Pemerintah Kota Palembang meninjau bungalow di Kawasan Pulau Kemaro yang dibangun oleh Pemkot Palembang di atas lahan seluas 25 hektare. Bisnis/Dinda Wulandari
Tim Pemerintah Kota Palembang meninjau bungalow di Kawasan Pulau Kemaro yang dibangun oleh Pemkot Palembang di atas lahan seluas 25 hektare. Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang optimistis wisata air di Kawasan Pulau Kemaro dapat menjadi destinasi andalan di Kota Palembang pada tahun 2023.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pihaknya hingga kini terus membenahi sejumlah objek wisata di sekitar kawasan yang berada di tengah Sungai Musi tersebut.

“Salah satunya bungalow yang telah kami bangun tak jauh dari Pulau Kemaro. Bungalow ini bisa jadi penginapan untuk wisatawan yang berkunjung ke wisata air Palembang,” katanya saat meninjau bungalow di Pulau Kemaro, Senin (8/2/2021).

Harnojoyo mengatakan hingga kini pemkot juga berupaya menggandeng investor untuk mengembangkan bungalow tersebut.

Dia mengemukakan ada beberapa investor yang telah melirik,s alah satunya investor dari Provinsi Bangka Belitung.

“Pengusaha lokal di Bangka, punya bisnis hotel di Belitung kemarin sudah ada perbincangan tentang investasi di bungalow dan Pulau Kemaro,” katanya.

Menurut walikota, pemkot lebih fokus mencari pendanaan di luar kas APBD untuk pengembangan destinasi wisata kota itu. Selain mencari investor, pihaknya juga mengandalkan dana CSR dari perusahaan yang beroperasi di Palembang.

“Kami sebelumnya sudah menganggarkan sesuai kemampuan, justru di tengah kondisi pandemi ini kalau bisa pengembangan wisata tanpa APBD, tetapi tetap bisa berkontribusi untuk pendapatan daerah,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak, mengatakan pemkot menargetkan wisatawan dapat menginap di Pulau Kemaro selama 3 hari.

“Konsep wisata air Pulau Kemaro ini sudah lengkap, selain ada bungalow, juga ada taman bermain, taman edukasi,dan objek wisata lainnya yang bisa membuat wisatawan betah,” katanya.

Dia mengatakan, Pemkot Palembang telah membuka lahan seluas 25 hektare di seputar bungalow dan Kawasan Pulau Kemaro. 

“Memang ini tidak mudah karena sebagian tanah yang rawa basah kerap tertutup air saat air sungai Musi pasang.  

Tentunya, secara bertahap semua fasilitas pendukung untuk merangsang investor untuk berinvestasi di pulau itu bersama tim percepatan pembangunan Pulau Kemaro terus dikebut.

"Setiap minggu kita akan melakukan gotong royong disini, hingga sesuai dengan perencanaan Bappeda Kota Palembang untuk mewujudkan destinasi wisata baru ini," tegasnya.

Selain itu, pemkot juga akan membuka akses menuju kawasan Pulau Kemaro dengan membangun jembatan, sehingga bisa ditempuh dengan transportasi darat.

Sementara itu Ketua Tim Percepatan Pulau Kemaro M.Safri menjelaskan, pihak akan terus fokus untuk mewujudkan Pulau Kemaro menjadi pusat wisata baru di kota itu.

“Kalau untuk kebersihan dari hasil gotong-royong yang dilakukan bisa dikatakan mencapai 60 persen,” jelasnya.

Nantinya, untuk menjaga kebersihan kawasan yang telah dilakukan pembukaan lahan itu, pihaknya akan melibatkan petani setempat. 

“Nanti petani di sini akan mengelola lahan yang telah kita buka sehingga lahan ini tetap terjaga kebersihannya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper