Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Indrapura-Kisaran Segera Beroperasi Penuh, Medan ke Kisaran Hanya 2,5 Jam

PT Hutama Karya (Persero) mengungkap Tol Indrapura – Kisaran (Inkis) dengan panjang total 47,5 kilometer (km) bakal beroperasi secara penuh dalam waktu dekat.
Gerbang Tol Indrapura/Hutama Karya
Gerbang Tol Indrapura/Hutama Karya

Bisnis.com, MEDAN – PT Hutama Karya (Persero) atau HK mengungkap Tol Indrapura – Kisaran (Inkis) dengan panjang total 47,5 kilometer (km) bakal beroperasi secara penuh dalam waktu dekat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan pengoperasian penuh tol itu seiring dengan segera beroperasinya Ruas Tol Lima Puluh – Kisaran sepanjang 32,15 km yang merupakan Seksi II dari salah satu jalinan Tol Trans Sumatra tersebut. Sedangkan Ruas Tol Seksi I yakni Indrapura – Lima Puluh telah dioperasikan HK sejak 10 November 2023.

Kehadiran tol itu pun disebut Adjib akan memberi manfaat nyata kepada masyarakat, khususnya dalam hal konektivitas antar kota karena otomatis memangkas waktu tempuh Medan-Kisaran menjadi 2,5 jam.

“Dengan terhubung secara penuh, tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam saja dan memudahkan pelancong dari arah bandara atau sebaliknya. Sehingga mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi dan membuat perjalanan antar kota menjadi lebih efisien,” tutur Adjib dalam keterangan resmi, Jumat (10/5/2024).

Sebelumnya, HK juga telah melakukan uji laik fungsi (ULF) terhadap Ruas Lima Puluh – Kisaran ini pada 29 Februari hingga 31 Maret 2024 lalu. Hasilnya, kata Adjib, Seksi II dari Tol Inkis ini telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, Ruas Tol Lima Puluh – Kisaran ini juga telah diuji coba dioperasikan secara fungsional pada Mudik Lebaran 2024 kemarin selama lebih dari 2 (dua) minggu, mulai 3 – 21 April 2024.

“Antusiasme dari masyarakat yang ingin melintas sangat tinggi, dilihat dari tingginya trafik kendaraan yang melintas selama Mudik Lebaran 2024 yang dilalui hampir 100.000 kendaraan dengan nihil kecelakaan,” imbuh Adjib.

Dikatakan Adjib, selama masa sosialisasi nanti Seksi Lima Puluh – Kisaran ini masih belum dikenakan tarif atau belum berbayar.

Kendati, lanjutnya, pengguna jalan tol tetap harus menyiapkan Kartu Uang Elektronik (UE) untuk tapping di gerbang tol dan tetap mengecek kecukupan saldo Kartu UE lantaran untuk Seksi Indrapura – Lima Puluh telah ditetapkan tarif.

“Untuk tarif dari Seksi Lima Puluh - Kisaran diperkirakan sekitar Rp1.338/km-nya dan akan kami informasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR,” pungkas Adjib. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper