Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengawasan 5 Area Rawan Karhutla di Ogan Komering Ilir Diperketat

Kelima daerah yang rawan karhutla di OKI mencakup Kecamatan Cengal, Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Pangpangan, Kecamatan Pedamaran dan Kecamatan Mesuji.
Penanganan karhutla di Kabupaten OKI, Sumsel. istimewa
Penanganan karhutla di Kabupaten OKI, Sumsel. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, memperketat pengawasan di 5 kecamatan yang rawan terbakar saat musim kemarau tiba.

Berdasarkan data Pemkab OKI, pada tahun lalu terdapat 6.813 titik api di 5 kecamatan tersebut sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang cukup luas. 

Wakil Bupati OKI Djafar Shodiq mengatakan pihaknya sudah membentuk satuan tugas (satgas) karhutla di 5 kecamatan tersebut.

“Ini bagian dari upaya pencegahan karhutla, kami awali dengan bentuk satgas hingga di tingkat desa,” katanya, Senin (6/7/2020).

Adapun kelima daerah yang rawan karhutla di OKI, mencakup Kecamatan Cengal, Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Pangpangan, Kecamatan Pedamaran dan Kecamatan Mesuji.

Djafar mengaku memang karhutla yang terjadi pada tahun lalu sebagian berasal dari konsesi perusahaan. Oleh karena itu, pihaknya pun menegaskan agar perusahaan perkebunan maupun hutan tanaman industri (HTI) di daerah itu untuk dapat menjaga lahannya agar tidak kembali terbakar. 

“Kalau sampai terbakar tahun ini akan kami tindak tegas, sesuai dengan proses. Bahkan, kalau pelanggaran sudah luar biasa otomatis perlu dicabut  [izin] itu,” katanya.

Sementara untuk masyarakat, kata dia, pemkab melakukan pendekatan yang humanis, di mana dirinya pun terjun langsung ke lapangan untuk memberikan edukasi agar warga tidak menggunakan teknik bakar dalam membuka lahan.

“Kadang saya tekan juga ke pihak desanya kalau terjadi kebakaran maka dana desa bakal sulit cair,” kata Djafar.

Dia mengatakan secara kesiapan, sebetulnya Pemkab OKI telah siap untuk mencegah karhutla dengan tersedianya embung dan sekat kanal di daerah rawan. 

Bahkan, kata dia, pihaknya pun telah mendapatkan dana bantuan gubernur senilai Rp8 miliar untuk membeli peralatan penanganan karhutla yang tidak habis pakai. 

OKI pun merupakan daerah yang mendapat alokasi tertinggi dari 10 daerah rawan karhutla di Sumsel. 

“Kami mendapat yang paling banyak karena lahan gambut di OKI memang yang terluas di Sumsel. Nantinya itu digunakan untuk beli sarana prasarana karhutla,” katanya.

Seperti diketahui, luas lahan gambut yang berada di Kabupaten OKI mencapai 769.000 hektare (ha). Adapun berdasarkan catatan Bisnis, total luas lahan gambut di Sumsel mencapai 1,4 juta ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper